• 13 Pelajaran Terpenting Dalam Memasak

    Culture / Tips


    13 Pelajaran Terpenting Dalam Memasak

    Saatnya mulai aktif di dapur dan tampil sebagai sang ahli.


    Memasak merupakan sebuah keahlian yang bisa dipelajari. Beberapa orang memilih menempuh jalur pendidikan formal untuk menjadi juru masak, sementara tak jarang beberapa chef mengaku belajar mengolah makanan secara otodidak, dari mulai banyak membantu di dapur, melamar pekerjaan sebagai asisten chef, hingga bekerja sebagai pramusaji di restoran.

    Dari sekian banyak cara dan pelajaran untuk memasak dengan baik, ada beberapa pelajaran wajib yang mungkin bisa Anda terapkan untuk membentuk diri menjadi juru masak rumahan yang andal.

    1. Jangan terlalu sering membolak-balikkan makanan yang tengah dimasak. Makanan harus mendapatkan waktu yang cukup untuk terkena panas wajan, sehingga akan benar-benar matang. Membolak-balik makanan secara terus menerus justru akan menghilangkan kesempatan masakan Anda matang dengan baik.

    2. Bungkuslah keju dengan plastic wrap baru setelah memakainya. Untuk mencegah keju menjadi kering atau terkontaminasi.

    3. Jangan pernah menyajikan makanan dengan menaruhnya begitu saja ke atas piring, selalu gunakan serving spoon saat menyajikan makanan.

    4. Selalu sediakan dish towel di dapur Anda jika ingin terlihat sebagai koki yang baik.

    5. Biasakan untuk membaca resep secara menyeluruh baru memulai memasak.

    6. Taruhlah daging dan ikan di bagian bawah kulkas atau freezer Anda, sehingga air dari keduanya tidak akan menetes pada bahan-bahan lain yang ada di dalam kulkas.

    7. Selalu bersihkan bekas Anda memasak sembari melanjutkan ke step memasak yang lain.

    8. Jangan menyiram air, pada api yang berasal dari minyak. Karena itu pastikan Anda memiliki fire extinguisher di dapur Anda.

    9. Bahan makanan yang tidak baik atau tidak segar tidak akan menjadi hidangan yang lezat.

    10. Banyaknya sisa dari bahan makanan Anda, adalah tanda dari kurangnya latihan memasak. 

    11. Waktu terbaik untuk berada di dapur adalah di pagi hari saat semua orang belum terbangun dan belum beraktivitas di dapur.

    12. Selalu gunakan pisau dapur yang tajam. Jauh menghemat waktu Anda dalam memasak!

    13. Lebih baik untuk menyajikan hidangan hasil kemampuan memasak yang ala kadarnya tapi dengan perilaku menyenangkan dan tangan terbuka, ketimbang menghidangkan makanan lezat dengan wajah yang masam.


    (Foto: REDPIXEL.PL/Shutterstock/Click Photos)




- RELATED ARTICLE -