Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

PlayStation VR Rilis di Indonesia

Apakah Anda sudah siap menghadapi masa depan dengan kecanggihan virtual reality?

PlayStation VR Rilis di Indonesia

Anda tentu sudah familiar dengan teknologi virtual reality (VR) yang dewasa ini semakin sering diaplikasikan pada berbagai jenis perangkat, mulai dari televisi, smartphone, bahkan di dalam lembar majalah.

Pada dasarnya, inovasi ini mengarah pada suatu sistem komputer yang dapat meniru atau membuat ulang sebuah situasi (nyata maupun tidak) agar sang pengguna atau user dapat merasakan pengalaman seperti benar-benar berada di dalam lingkungan buatan tersebut.

 

 

Perkembangannya semakin canggih hingga akhirnya user dapat semakin merasakan keaslian lingkungan buatan ini dengan tambahan pengalaman sensoris yang didapat dari penglihatan, suara, sentuhan, bahkan efek nyata seperti cipratan air maupun getaran.

Hingga akhirnya inovasi ini diaplikasikan pada sebuah perangkat menyerupai kacamata yang dibuat dengan lensa khusus untuk merefleksikan gambar menjadi tiga dimensi dalam layar panorama. Gadget ini disebut dengan VR headset, lengkap dengan kamera sensor dan tambahan speaker canggih untuk membuat user semakin larut dalam habitat maya yang diciptakan.

Sejak akhir tahun 2000 hingga kini, perkembangan teknologi VR semakin terasa karena antusiasme berbagai perusahaan raksasa di bidang teknologi yang berlomba-lomba memperkenalkan inovasi VR garapannya. Tidak ketinggalan perusahaan Sony, dengan lensa VR yang terintegrasi dengan PlayStation 4 untuk meningkatkan pengalaman bermain game para pengguna.

 

 

Diberi nama PlayStation VR, teknologi yang dilengkapi layar OLED 5,7 inci ini siap mengubah gambar beresolusi full HD menjadi arena permainan realistis yang penuh tantangan.

Selain headset canggih, PS VR juga dilengkapi dengan sembilan buah LED di permukaannya yang membuat aksesori tambahan PlayStation Camera dapat melacak 360 derajat gerakan kepala, perkiraan jarak dalam permainan, serta kamera video untuk merekam permainan user saat menggunakan PS VR.

 

Gadget ini dijadwalkan untuk segera rilis di Indonesia, bahkan serentak dengan peluncurannya di seluruh dunia yakni tanggal 13 Oktober 2016. Sedangkan untuk harga, perangkat VR dari PlayStation ini akan dibanderol dengan angka Rp. 6.690.000 dan Rp. 7.390.000 dengan tambahan PlayStation Camera.

 

 

Cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kemampuan canggihnya yang terintegrasi dengan ratusan game PlayStation 4 yang telah tersebar di pasaran.

Jadi, apakah Anda berminat untuk ikut serta dalam fenomena kemajuan zaman ini?

 

Foto: Courtesy of PlayStation, courtesy of Sony Computer Entertainment Inc.