Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cita Rasa Peru

Mari sejenak singgah ke daratan Amerika Selatan untuk mencicipi hidangan lautnya yang eksotis

Cita Rasa Peru
Fish & clams cau cau

Pernahkah membayangkan menu makanan berbeda yang mungkin jarang Anda temui sehari-hari? Bila tidak, bagaimana jika Bazaar mengajak Anda menikmati eksotisnya Peru lewat sajian makanan berbahan dasar ikan yang khas dari negara tersebut?

Pada satu sore tepatnya di Pacific Restaurant and Lounge, The Ritz Carlton Hotel – Pacific Place, Jakarta, Bazaar menjumpai Chef Chris Encina, seorang chef berdarah latin yang sejak 2012 lalu bermukim di Ubud, Bali.

Tak hanya mencicipi hidangan khas Peru yang ia kreasikan, Chef Cris pun menunjukkan cara membuat menu-menu makanan Peru yang ia adaptasi dari resep neneknya dulu.

Misalnya saja Ceviche, hidangan pembuka dengan ikan dan irisan bawang bercita rasa asam hingga Fish & clams cau cau yang menjadi primadona sore itu.

Ceviche, hidangan berbahan dasar ikan mentah ini sudah menjadi makan penduduk asli Amerika Selatan sejak 2000 tahun yang lalu. Ikan mentah tersebut dibalur dengan lemon untuk menghilangkan aroma amisnya.

Cita rasa sedikit asam namun segar juga hadir dari irisan bawang dan leche de tigre atau semacam perasan jeruk khas penduduk Peru.

 

Causa de camarones, merupakan hidangan yang berfokus pada udang segar yang dibumbui saus marinated mayonnaise. Selain itu, penambahan potato cake dingin dan sedikit minyak zaitun menyempurnakan cita rasa bertajuk "Sabor Latino".

Fish & clams cau cau, menggoda selera Anda dengan potongan besar ikan barramundi yang disiram yellow chilli clams spicy sauce.

 

(Foto: dok. Bazaar, dok. The Ritz Carlton)