• 15 menit bersama Hide Yamamoto

    Culture / News


    15 menit bersama Hide Yamamoto


    Setelah menjadi tangan dingin dibalik sukses 4 restoran miliknya, chef dengan latar belakang pendidikan kuliner di Prancis dan Italia ini kembali hadir dengan restoran yang dinamai sesuai namanya, Hide Yamamoto. Restoran yang berlokasi di area The Shoppes, Marina Bay Sands Singapore ini membanggakan rangkaian menu masakan Jepang yang disajikan dalam empat kategori berbeda yaitu robatayaki, ramen, teppanyaki dan sushi. Tahun ini, Hide Yamamoto turut hadir sebagai salah satu chef yang meramaikan Epicurean Market 2015, salah satu gourmet fair paling diantisipasi oleh pecinta kuliner. Berikut perbincangan singkat Bazaar dengan chef penerima Global Chef Award tahun 2010 ini.

     

    Harper's Bazaar Indonesia (HBI):  Apa yang membedakan restoran Hide Yamamoto di Singapura dan di negara lainnya?

    Hide Yamamoto:  Saya lebih suka membedakan dari segi market, di negara manakah lokasinya, apa yang dapat mereka makan, apa yang tidak dapat mereka makan, hal-hal semacam itu. Contohnya, di Singapura sangat mudah mendapatkan apapun jenis seafood yang diimpor langsung dari Jepang sehingga memudahkan kami untuk membuat hidangan seafood disana. Dimana di Korea kami hanya dapat mengandalkan seafood lokal dengan variasi terbatas, dikarenakan oleh perbedaan air di setiap lautan. Jadi penting bagi kami untuk menyesuaikan selera dan aksesibilitas di masing-masing negara.

     

    HB:   Adakah filosofi dibalik makanan anda?

    HY:  Filosofi dibalik semua hidangan saya adalah musim. Seperti yang ada ketahui, Jepang terdiri dari empat musim. Saya berusaha menyesuaikan hidangan yang saya ciptakan dengan bahan-bahan yang tersedia pada masing-masing musim, menurut saya itu adalah filosofi unik dibalik semua makanan saya.

     

    HB:   Bisa ceritakan sedikit tentang partisipasi anda dalam Epicurean Market kali ini?

    HY:   Menurut saya acara ini sangat menarik dan informatif, dan sudah terkenal di taraf internasional. Tahun lalu saya terhalang kesibukan jadi tidak bisa ikut berpartisipasi, beruntung tahun ini saya dapat meluangkan waktu untuk menjadi bagian dari acara ini.

     

    HB: Apakah anda memiliki restoran favorit di Singapura?

    HY:  Orang selalu merekomendasikan untuk makan hidangan lokal, tapi saya selalu suka Chinese Food khas Singapura. Tempat favorit saya adalah Jay the Seafood yang terletak di Fordham Shopping Centre.

     

    HB:  Siapa selebriti terkenal yang pernah merasakan kreasi anda?

    HY:  Raja Timur Tengah, Abdul Jordan. Saya juga pernah memasak untuk presiden US selama 3 dekade, Ronald Reagan, Bill Clinton dan George W. Bush dan juga

    Michael Jackson, Madonna dan Bruce Willis.

     

    HB:  Terakhir, apa berikutnya?

    HY:  Saya berniat untuk melebarkan sayap restoran saya ke negara lainnya, saya ingin mengenalkan bahan-bahan terbaik Jepang ke seluruh dunia.

     

    (Arinta Wirasto. Foto: Dok. Courtesy of Hide Yamamoto)




- RELATED ARTICLE -