Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Eksotika Model Indonesia

Eksotika Model Indonesia
Reti Ragil

Deretan model Indonesia masa kini yang menjadi favorit kami.

Model Asia di ranah fashion dunia sudah menjadi bagian penting pada pergelaran busana internasional, seperti yang pernah disebutkan pada artikel Generasi Baru Model Asia http://www.harpersbazaar.co.id/articles/read/7/2013/489/Generasi-Baru-Model-Asia. Di tengah lahirnya generasi baru model Asia, nama model asal Indonesia yang berjaya masih belum ditemukan di ibukota mode dunia. Selepas Tracy Trinita, belum ada model Indonesia yang mampu mengimbangi karir Tracy yang sempat menghiasi sampul depan beberapa majalah fashion internasional dan berjalan untuk show besar seperti Yves Saint Laurent, Chanel, serta Kenzo pada tahun 1999-2000 lalu.

Hal ini berbeda dengan banyaknya model asal Cina, Korea Selatan, dan Jepang yang bermunculan. Salah satu penyebabnya karena desainer dunia melirik negara-negara itu sebagai fokus pemasaran luxury product mereka. Tetapi sayangnya, ekonomi Indonesia yang berkembang terbukti dengan banyaknya pusat perbelanjaan kelas atas dan buying power yang cukup besar di antara negara Asia Tenggara lain, model-model Indonesia belum ada yang berjalan di panggung mode internasional. Padahal keunikan wajah wanita Indonesia dapat “dijual” sebagai bentuk kecantikan baru di dunia modeling. Untuk urusan kemampuan berjalan di atas catwalk maupun beraksi di depan kamera, model-model asal Indonesia seperti yang akan dibahas berikut ini memiliki pesona tersendiri dan tak kalah dengan model dari negara Asia lainnya.

Kulit gelap dan rambut pendek adalah tampilan khas Kimmy Jayanti. Tetapi hal itu tidak menghalangi langkah wanita asal Medan ini menjadi seorang model. Tampilannya yang unik justru menjadi daya tarik model yang tidak pernah absen berjalan untuk pagelaran busana lokal ini. Selain dunia modelling, model berusia 21 tahun ini pun merambah dunia akting dengan membintangi film I Know What You Did on Facebook pada tahun 2010, dan Guardian yang akan tayang tahun ini.

Reti Ragil, adalah nama pemilik tinggi 179cm dan kulit cokelat keemasan model yang juga pemenang Fun Fearless Female tahun 2012 ini. Wajah eksotisnya makin sering beredar di majalah dan peragaan busana lokal setelah dipercaya untuk memperagakan rancangan seorang desainer fashion Indonesia. Setelah menjadi finalis Asian Next Top Model, Reti pun tak sabar untuk memulai karir di dunia internasional.

Pertemuan yang tidak disengaja Dara Warganegara ini dengan fotografer Glenn Prasetya membawanya dari mahasiswi biasa menjadi seorang model. Model yang lebih nyaman beraksi di balik lensa ketimbang berjalan di catwalk ini mulai mendapat perhatian ketika menjadi sampul depan suplemen spa Harper's BAZAAR Indonesia Oktober 2009. Tidak hanya majalah mode lokal, wajahnya pun sempat menghiasi sampul depan sebuah majalah internasional. Garis kuat muka orientalnya yang tidak kalah dengan model-model Asia lainnya adalah daya tarik model berusia 25 tahun ini.

 

Teks: Vania Yulita

Foto: Davy Linggar, Nicoline Patricia Malina, Hadi Cahyono