Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lomba Lari Hari Kemerdekaan

Lomba Lari Hari Kemerdekaan

Sebuah perlombaan yang melibatkan masyarakat luas dan membuat Anda lebih berkeringat.

Selama ini, kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan selalu dilaksanakan pada rangkaian acara di Kompleks Istana Presiden. Berbeda dari biasanya, tahun ini diselenggarakan sebuah event di mana seluruh rakyat secara terbuka kami ajak aktif bersama-sama memeriahkan ulang tahun kemerdekaan. Istana Kepresidenan bekerja sama dengan TNI, POLRI, Kementerian terkait, dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) bermitra dengan Garuda Finishers selaku partner organizer, menyelenggarakan kegiatan Independence Day Run, sebuah kegiatan olahraga lari dengan jarak 17 kilometer (17K) dan 8 kilometer (8K) yang diikuti oleh 45.000 pelari. Angka ini sendiri melambangkan tanggal 17 Agustus 1945 yang merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berolahraga dan bergembira bersama dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB ini dimulai dari depan Istana Merdeka dan berakhir di Pintu Barat Daya, Monas, Jakarta. Rute lari akan menggunakan rute Car Free Day yang dimulai di depan Istana Merdeka. Untuk lari 17K akan melintasi Jalan Thamrin, Semanggi, Sudirman, Sisingamangaraja, kemudian berputar di depan sekolah Al-Azhar dan kembali melintasi sisi jalan berlawanan hingga berakhir di Silang Monas melalui Pintu Barat Daya. Sedangkan untuk lari 8K sendiri akan berputar di depan Chase Plaza dan kembali dengan finish yang sama di Silang Monas.

Kegiatan yang menargetkan jumlah peserta mencapai 45.000 pelari ini terbuka untuk umum dan pelari profesional terasa istimewa karena pertama kalinya sebuah kegiatan lari digelar di depan Istana Merdeka. Pelepasan pelari juga akan dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

(Teks: Muhammad Aziz)