• Culture / News

    10 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan di Art Jakarta 2018


    10 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan di Art Jakarta 2018
    10 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan di Art Jakarta 2018

    Bersiaplah menyambut perayaan 10 tahun pionir pergelaran seni terbesar di Indonesia.


    Art Jakarta 2018 akan berlangsung di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place pada tanggal 2 – 5 Agustus 2018. Platform seni rupa ini merayakan sepuluh tahun perjalanannya dengan menampilkan karya seni lokal dan internasional dalam berbagai bentuk, seperti pameran seni, art performance, art talk, hingga workshop seni.


    Art Jakarta telah menjadi wadah yang mempertemukan para pelaku seni, pemilik galeri, dan pencinta seni dalam ajang bertaraf internasional sehingga dapat menjadi forum edukasi, merangsang tumbuhnya komunitas seni, dan menjadi platform berkembangnya seniman muda tanah air. Tahun lalu Art Jakarta telah sukses menarik minat lebih dari 47.000 pengunjung, dengan jumlah karya seni terjual mencapai 80%. Sementara tahun ini pengunjung dapat menikmati seleksi karya seni dari 46 vendor seni rupa.



    Sebelum memutuskan berkunjung, baca berbagai program menarik berikut yang akan meramaikan agenda tahun ini.


    1. Instalasi “10 for 10”

    Sepuluh instalasi dengan konsep museum show akan dihadirkan oleh seniman Indonesia, seperti Kemal Ezedine, Yani Mariani, Agus Suwage, Syagini Ratnawulan, Bagus Pandega, Hahan, Chinati Juhansyah, Eddie Sutanto, Heri Dono, dan Tere. 


    2. Program “Japanese Art Now”

    Menghadirkan sepuluh seniman Jepang yang menginterpretasikan fantasi sekaligus menengok kecenderungan seni rupa Jepang masa kini.


    3. Creative Art Class oleh Ganara Art Space

    Ikuti workshop kreatif berbasis seni untuk anak-anak hingga dewasa.



    4. Instalasi Faisal Habibi di Atrium Mall Pacific Place

    Setelah tahun lalu diisi oleh Indieguerillas, tahun ini seniman yang berbasis di Bandung, Faisal Habibi, akan membuat instalasi untuk atrium Pacific Place.


    5. Flying Baloon Puppet Show & Pasar Purnama oleh Sasikirana

    Di main stage Anda dapat menyaksikan pertunjukan teater boneka asal Yogyakarta dan tari kontemporer Sasikirana persembahan Djarum Bakti Budaya Foundation.


    6. AJ100

    Menampilkan sejumlah emerging galleries dengan batasan harga karya seni di bawah Rp. 100.000.000,-. AJ100 akan menampilkan seleksi dari Gudang Gambar, Indoseni, Big & Small, World of Arts, dan Gayathri.



    7. Creative Art Talk

    Daftarkan diri Anda untuk mengikuti diskusi seputar seni masa kini, seperti Korean Art Now, cara mengoleksi art photography, seni dalam musik, dan cara menjadi kolektor (BEKRAF).


    8. Metamorfosis Ay Tjoe Christine

    Dikenal sebagai salah satu seniman wanita terbaik di Indonesia, perjalanan berkarya Ay Tjoe Christine dari awal hingga kini akan dipamerkan ke hadapan publik dalam Art Jakarta 2018.


    9. Ruang seni BEKRAF

    Presentasi sejumlah seniman muda dengan nama ART Unlimited, diorganisir oleh Enin Supriyanto, Asmudjo, Irawan, dan Totot.



    10. Art Gram

    Menampilkan pameran persona instagram dengan tampilan posting bernuansa seni.


    Selain program di atas, masih banyak acara-acara menarik lainnya yang dapat Anda ikuti. Kemudian setelah satu dekade perjalanannya, komite acara akhirnya memutuskan untuk menetapkan tiket masuk berbayar pertama kalinya di tahun ini. Harga tiket masuk akan dikenakan sebesar Rp. 50.000,-.


    Berikut jadwal lengkap Art Jakarta 2018 – Ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place


    2 Agustus 2018 

    15.00 – VIP Private Preview

    19.00 – Vernissage (Opening)


    3 – 5 Agustus 2018

    Terbuka untuk umum dengan entrance fee.


    (Foto: Courtesy of Instagram Art Jakarta)