• Fashion / News

    Seperti Apa Koleksi Burberry di Tangan Riccardo Tisci?


    Seperti Apa Koleksi Burberry di Tangan Riccardo Tisci?

    Koleksi perdana Riccardo Tisci untuk Burberry memang belum dilansir, namun proyek kolaborasi satu ini bisa memberikan sedikit gambaran.


    Seolah ingin menjawab spekulasi publik pasca ditunjuknya Riccardo Tisci untuk menggantikan posisi Christopher Bailey sebagai direktur kreatif Burberry, sekelumit petunjuk seputar arahan artistik desainer asal Italia ini telah dibocorkan dua bulan menjelang diluncurkannya koleksi perdana Riccardo Tisci yang akan dipresentasikan pada perhelatan London Fashion Week pertengahan bulan September mendatang.

    Sebagai rumah mode Inggris yang telah berdiri selama lebih dari dua abad, Burberry senantiasa mengangkat heritage Inggris dan mengaplikasikannya ke dalam pendekatan artistik koleksi busana siap pakai bergaya klasik, versatile, dan luwes untuk dikenakan dari masa ke masa.

    Lebih dari dua abad pula, Burberry begitu terkenal dengan koleksi trench coat dan bahan bermotif kotak-kotak yang sangat ikonis. Bahkan rasanya tidak berlebihan untuk mengatakan koleksi Burberry begitu lekat dengan citra gaya klasik khas Inggris.

    Keunikan inilah yang tetap dipegang teguh oleh Riccardo Tisci. Kendati karya-karya Tisci sebelumnya lebih banyak menampilkan tema-tema gaya modern yang bold dan sarat akan palet gelap, namun nampaknya ia siap untuk memberikan napas baru terhadap Burberry melalui arahan artistiknya yang dipadukan dengan kekayaan warisan desain Burberry itu sendiri.


    Salah satu langkah yang ditempuh oleh Riccardo Tisci dalam semester pertama sejak ia memegang jabatan baru di Burberry adalah menggandeng desainer Inggris kenamaan yakni Vivienne Westwood.

    Desainer perempuan ikonis kelahiran 77 tahun lalu ini terkenal berkat rancangannya yang mengangkat budaya modern punk ke dalam koleksi high fashion. Ia merupakan sosok berpengaruh yang turut berkontribusi dalam perkembangan dunia fashion di Inggris pada era '70 dan '80-an.

    Bagi Riccardo Tisci, sosok Vivienne Westwood sebagai salah satu desainer bersejarah yang dimiliki Inggris dirasa tepat untuk diajak berkolaborasi bersama Burberry dan menginkorporasikan ide-ide serta spirit British heritage menjadi sebuah koleksi baru yang menarik.

    Untuk itu, ia pun memutuskan untuk menggandeng Vivienne Westwood dan mempersiapkan sebuah koleksi limited edition yang terdiri atas rangkaian busana-busana paling ikonis sepanjang sejarah yang direinterpretasikan dengan menggunakan pendekatan yang lebih modern.

    Koleksi kolaborasi Burberry dan Vivienne Westwood yang akan dilansir pada bulan Desember 2018 mendatang ini menjadi petunjuk awal akan 'gaya arahan artistik' Riccardo Tisci untuk Burberry.

    Melihat langkah yang diambil oleh Riccardo Tisci, boleh dibilang ia akan cenderung memadukan antara kekayaan heritage Burberry, kebudayaan dan sejarah Inggris, dan napas modern yang youthful dan berani. Kolaborasinya bersama Vivienne Westwood menjadi satu bukti keberanian Riccardo Tisci.

    "Vivienne Westwood adalah salah satu desainer pertama yang membuat saya bercita-cita ingin menjadi desainer. Ketika saya pertama kali mulai bekerja di Burberry, saya tahu ini adalah medium dan kesempatan yang sangat baik bagi saya untuk dapat mendekati Vivienne dan mengajaknya berkerjasama.

    Dia adalah sosok yang rebel, seorang punk sejati, namun pada saat yang bersamaan gaya dan desainnya merepresentasikan British style--gaya ini yang telah menginspirasi banyak orang. Saya sangat bangga dapat melahirkan koleksi kolaborasi bersama seorang Vivienne Westwood," Riccardo Tisci menuturkan. 

    Sudah bisakah Anda membayangkan seperti apa koleksi Burberry ini nantinya?


    (Foto: courtesy of Burberry)