• Culture / News

    Sebuah Talk Show untuk Perempuan Segala Generasi


    Sebuah Talk Show untuk Perempuan Segala Generasi

    Bertukar pikiran, pengalaman, dan pesan antara tiga generasi.


    Tepat satu pekan lalu, Mestizo Official, sebuah event-organiser yang berawal dari ranah musik, mengadakan acara yang bertajuk Viva La Donna. Mengangkat tema from and for the ladies, talk show yang berlangsung di The Pallas, SCBD ini mengundang sejumlah sosok wanita yang memiliki latar belakang berbeda.


    Terbagi dalam dua sesi, sebagai MC, Zivanna Letisha Siregar, mempersilahkan Shinta Nurfauzia (Co-founder dan CEO Lemonilo), Nadia Saphira (pengacara dan aktris), dan Maudy Ayunda (aktris dan penyanyi) untuk naik ke panggung. Semuanya mempunyai kesamaan dalam hal pendidikan, yakni memilih untuk kuliah di luar negeri. 




    Ketiga speaker yang tergolong dalam golongan Generasi Milenial tersebut mempunyai pendapat yang mirip. Menurut mereka, Generasi Milenial itu memiliki strong mentality dan juga mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat untuk mendapatkan sesuatu.


    “Lakukan semua hal yang kamu bisa lakukan di saat kamu bisa melakukannya, lalu focus on what makes you happy dan membuat Anda menjadi orang yang lebih baik,” ujar Shinta yang sudah berkecimpung di dunia bisnis dari umur 14 tahun.




    Seusai berbagi pengalaman dan saran, sebagai MC, Zivanna Letisha, mempersilahkan para pembicara di sesi kedua, yaitu Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Najwa Shihab (Founder Narasi TV dan jurnalis), dan Nia Dinata (sutradara) untuk bergabung. 


    Dapat dikatakan ketiga speaker ini tergolong dari generasi berbeda, yaitu Generation X dan Baby Boomer. Bagian kedua dari talk show tersebut terasa seperti sesi tanya jawab terhadap generasi yang lebih senior dan lebih berpengalaman tersebut.




    Ketika ditanya bagaimana mereka bisa berada di posisi sekarang, mereka berpendapat:

    “Kenali passion yang membuat Anda bahagia, senangi, dan mampu. Lalu, fokus pada diri sendiri, dan juga memperhatikan lingkungan sekitar Anda. Mulai dari tetangga, supir, bahkan yang kerja di rumah, understand them. Karena dari hal kecil seperti itu, Anda melatih kepekaan terhadap orang lain,” tutur Sri Mulyani sambil tersenyum.


    “Passion itu bukan seperti mimpi. Passion itu dicari, dirawat, lalu dilestarikan sampai nantinya itu menjadi passion yang kamu betul-betul pahami. Tantangan kita sekarang bukan mendapatkan informasi, melainkan bagaimana memilahnya,” ucap Najwa Shihab.


    “Selain saya setuju dengan apa yang sebelumnya sudah dilontarkan, saya mau menambahi hal ini: kenali Indonesia-mu,” ucap Nia Dinata dengan bangga.




    Tak hanya menampilkan sejumlah sosok wanita Indonesia di atas panggung, Mestizo Official juga sudah mempersiapkan afterparty yang diramaikan oleh The Groove, Diskoria, dan DJ Dipha Barus.


    (Foto: Courtesy of Mestizo Official)