• Culture / Tips

    Ide Destinasi dan Tips Babymoon


    Ide Destinasi dan Tips Babymoon

    Liburan berdua sebelum menyambut kehadiran sang bayi patut direncanakan dengan baik. Kami berikan rekomendasi tujuan berliburnya.


    Anda dan suami telah mulai mempersiapkan diri dengan menyiapkan berbagai perlengkapan dan peralatan untuk menyambut anggota keluarga baru yang akan meramaikan rumah.

    Namun, sebelum bertemu dengan bayi, ada baiknya Anda berdua berlibur menghabiskan waktu bersama sambil relaksasi diri. 

    Babymoon yang awalnya dipopulerkan oleh para selebriti Hollywood dan menyebar-luaskannya lewat pemberitaan media dan akun media sosial, telah menjadi salah satu tren traveling dalam beberapa tahun terakhir.

    Salah satunya ditandai dengan mulai bermunculannya paket-paket perjalanan khusus babymoon yang menawarkan berbagai kenyamanan sekaligus keamanan untuk Anda.

    Menurut beberapa ahli seperti yang dituliskan oleh Mother&Baby Indonesia, waktu yang tepat untuk berlibur adalah ketika usia kehamilan di bawah 37 minggu atau 32 minggu untuk anak kembar. Dan disarankan untuk tidak melakukan perjalanan yang terlalu jauh dan melalui jalan yang sulit.

    Berikut rekomendasi lima destinasi di seputar Asia Tenggara yang dapat Anda pilih sebagai tujuan babymoon Anda dan pasangan:

    1. Bali, Indonesia


    Yes, as cliche as it might sound, Bali adalah salah satu destinasi pilihan babymoon kami. Kemudahannya akan membuat Anda merasa lebih tenang dan akan lebih fokus kepada kegiatan menghabiskan waktu berdua.

    Kami tidak menyarankan area Bali yang ramai turis seperti Seminyak dan Nusa Dua. Untuk babymoon, habiskan waktu di Ubud yang tenang dan dipenuhi pilihan makanan dan kegiatan sehat.

    Menginap di: Mandapa, A Ritz-Carlton Reserve atau Bambu Indah


    2. Kepulauan Riau, Indonesia


    Bagi Anda pencinta suasana pantai dan laut, Kepulauan Riau juga menawarkan akses yang cukup mudah dan perjalanan yang tidak terlalu jauh. Selain keindahan laut, Anda juga dapat menikmati kenyamanan fasilitas sejumlah resor yang mulai banyak bermunculan di area Kepulauan Riau akhir-akhir ini.

    Pantai, birunya laut, buku yang tepat, lagu yang sesuai, dan pasangan Anda. Need we say more?

    Menginap di: Bawah Island Resort atau Telunas Resorts


    3. Tagaytay, Filipina


    Tagaytay memang belum terlalu populer di kalangan wisatawan mancanegara, namun area perbukitan ini dikenal baik sebagai tujuan berlibur oleh para orang lokal Filipina.

    Hanya sekitar 2-3 jam berkendara dari Manila, Anda akan dapat menemui pemandangan pegunungan dan bukit yang menakjubkan di Taal Volcano Island, termasuk sebuah gunung berapi aktif yang dikelilingi oleh danau Taal.

    Jangan lupa untuk mengunjungi People’s Park in the Sky untuk dapat menikmati pemandangan Tagaytay secara leluasa. Cuacanya yang cukup sejuk akan membuat Anda dan pasangan mendapatkan relaksasi penuh.

    Menginap di: Anya Resort Tagaytay atau Hotel Kimberly


    4. Hoi An, Vietnam


    Setelah mendarat di Ho Chi Minh City, lanjutkan perjalanan dengan pesawat menuju Danang, dan berkendara selama 45 menit untuk tiba di Hoi An.

    Jika Anda menggemari budaya dan sejarah, maka kota kecil ini akan memukau Anda. Kuliner di Hoi An merupakan percampuran dari berbagai budaya termasuk Jepang, China, dan Portugis.

    Maka tidak heran jika banyak tempat yang menawarkan kursus memasak, yang juga dapat Anda coba selama berada di sana. Salah satu menu yang harus Anda coba: Cao lầu.

    Menginap di: Four Seasons Resort The Nam Hai, Hoi An atau Sunrise Premium Resort Hoi An.


    5. Hua Hin, Thailand


    Berkendara sekitar 3 jam dari kota Bangkok, Anda akan tiba di Hua Hin. Kota kecil di pinggir laut ini mungkin tidak seterkenal Koh Samui atau Phuket, namun Hua Hin memiliki pesonanya sendiri.

    Pantai pasir putih dikombinasikan dengan pasar malam yang ramai dengan berbagai pilihan kuliner laut, tidak hanya menarik wisatawan lokal Thailand, tapi juga anggota keluarga kerajaan Thailand.

    Jika tidak menginap di Chiva-Som International Health Resort, Anda harus singgah ke sana untuk mencoba perawatan spa yang dikemas secara holistik dan menyesuaikan kebutuhan Anda.

    Menginap di: V Villas Hua Hin - MGallery by Sofitel atau Cape Nidhra Hotel


    Setelah memilih tujuan liburan babymoon Anda, pastikan juga Anda melakukan hal-hal berikut:

    1. Berkonsultasi dengan dokter dan mendapat izin untuk berangkat

    2. Mencari tahu tentang fasilitas medis di sekitar area liburan Anda

    3. Bergerak cukup untuk memastikan peredaran darah lancar

    4. Membawa semua benda yang dapat membuat Anda lebih nyaman dalam perjalanan, seperti maternity pillow

    5. Membatasi waktu liburan agar tidak pergi terlalu lama


    (Foto: Jozef Polc ©123rf.com)