• Solusi Mengatasi Masalah "Tidak Punya Baju"


    Solusi Mengatasi Masalah

    Sering merasa bingung dalam berpakaian? Simak solusi dari Bazaar berikut ini.


    Tentu Anda sering mendengar seseorang mengeluh bahwa ia tidak punya busana yang cukup bagus atau pantas untuk dikenakan pada kesempatan tertentu. Atau bahkan, Anda sendiri juga mengalaminya. "I have nothing to wear" adalah permasalahan klasik soal fashion yang dialami oleh banyak orang, dan Bazaar punya solusinya.

    Pertama, ini adalah masalah mindset. Anda tentu saja punya banyak potong busana yang bisa dipadu-padan di lemari Anda, hanya saja ketika Anda tengah panik atau sekadar merasa bosan dengan barang-barang fashion yang Anda punya, pemikiran "I have nothing to wear" pun segera menyeruak di kepala.

    Cobalah menyempatkan diri untuk menata ulang isi lemari Anda. Keluarkan semua isinya, pilih mana yang masih relevan dengan gaya Anda. Buang yang sudah tidak mungkin Anda kenakan lagi. Tata berdasarkan warna maupun jenisnya, ini akan membantu Anda untuk bermain padu-padan sekaligus menganalisa item apa yang Anda belum punya dan Anda butuhkan.

    Bazaar menyarankan setidaknya Anda memiliki staple item seperti kemeja putih, T-shirt putih (atau dalam warna monokromatis lainnya agar mudah dipadu-padan), celana denim dengan fit yang baik, rok pensil, rok A-line, little black dress, tailored jacket atau blazer yang fit dalam palet monokromatis, atasan turtleneck, celana berpotongan lurus, dan scarf sebagai aksesori yang versatile.

    Catat atau ingat baik-baik item apa yang Anda butuhkan untuk melengkapi isi wardrobe Anda, dan berkomitmen untuk hanya membeli barang-barang itu saja. Lain tidak. Jangan membeli apa pun yang sudah ada di dalam lemari Anda, karena itu tidak akan menjawab permasalahan Anda.

    Jangan pula membeli produk-produk yang sedang tren karena masa pakainya cenderung tidak lama. Apabila Anda terlalu sibuk mengisi lemari dengan item yang tengah tren, setelah pergantian musim lagi-lagi Anda akan terjebak dengan pemikiran klise, "I have nothing to wear!"

    Apabila Anda telah memiliki semuanya, you have many things to wear but you just don't know how to wear it.

    Kedua, tidak ada salahnya untuk berselancar di internet maupun media sosial untuk melihat foto-foto street style maupun membaca majalah untuk mengetahui berbagai cara unik dalam berpakaian--sesederhana agar Anda dapat terinspirasi dan tidak merasa bosan mengenakan baju yang itu-itu saja.

    Anda tidak perlu membeli setiap item yang sama atau mirip dengan apa yang dikenakan oleh sosok-sosok yang Anda anggap inspiratif tersebut. Itu bukanlah pendekatan yang bijaksana. Teliti kembali apa yang telah Anda punya, dan coba aplikasikan gaya berbusana mereka dengan barang-barang yang dimiliki.

    Ingat, terinspirasi bukan berarti Anda tidak harus tampil sama persis. Mainkan imajinasi dan kreatifitas Anda, bergayalah sesuai dengan kepribadian dan preferensi Anda sendiri.

    Karena ketika Anda tahu ada banyak cara untuk mengenakan suatu barang, secara perlahan Anda akan mulai mengeyahkan pemikiran bahwa Anda tidak punya baju yang layak untuk dikenakan dan tampak gaya dengannya.

    Ketiga, accessories are the key. Kehadiran aksesori akan menunjang penampilan Anda dan membuat Anda merasa semakin percaya diri tampil sempurna. Pilih aksesori berdesain timeless yang dapat Anda kenakan dalam berbagai kesempatan dan tentunya mudah untuk dipadu-padan.

    Sepatu pumps hitam atau nude sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki setiap perempuan. Kemudian apabila gaya Anda lebih cenderung sporty, sepasang sepatu sneakers berwarna putih atau hitam (atau perpaduan keduanya) juga dapat menjadi alas kaki andalan yang bisa Anda padankan dengan berbagai jenis busana.

    Anda belum punya jenis-jenis sepatu klasik tersebut? Anda punya alasan yang baik untuk membelinya.

    Kemudian beralih ke tas, Anda tidak perlu memiliki jajaran tas bermerek dalam berbagai warna. What's the point? Pilih warna-warna netral agar mudah dipadu-padan, dan bila Anda memiliki anggaran lebih untuk membeli tas dalam palet lain, pilih warna atraktif seperti merah, perak, atau emas sebagai statement bag.

    Selain itu, aksesori lain seperti sabuk, kaus kaki, stocking, scarf, kalung, gelang, cincin, hingga kacamata hitam juga akan membantu mengelevasi penampilan Anda. Tidak perlu memiliki banyak jenis dari keseluruhan item tersebut, pilih yang sesuai dengan gaya dan preferensi personal Anda, dan kenakan agar tampilan Anda terlihat kian menarik dan sempurna.

    Keempat, faktanya secara psikologis ketika seseorang merasa percaya diri dengan apa pun yang dimiliki dan dikenakan, tampilan yang memesona akan terpancar dengan sendirinya.

    Intinya, jangan ragu untuk bermain-main dengan ragam busana yang terjejer di lemari Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencari inspirasi di dunia maya atau bahkan di dunia nyata ketika Anda tengah mengunjungi mall atau sedang travelling, dan apabila gaya tersebut cocok dengan pribadi Anda, kenapa tidak mencoba untuk mengaplikasikannya?

    Karena pada dasarnya, dengan kreativitas, sedikit aksesori, dan ide baru tentang cara berpakaian dapat mengenyahkan rasa bosan dan sensasi uninspired yang menjadi sumber munculnya pemikiran "I have nothing to wear".

    (Foto: Vincenzo Grillo/IMAXTREE.COM, Szymon Brzoska/IMAXTREE.COM, Matthew Sperzel/IMAXTREE.COM; Layout: Astis)









- MORE STORIES -


Label Fashion Céline Dion Membidik Pasar Asia

Menyambut tur asia sang bintang, mari intip seperti apakah koleksi fashion dari Céline Dion?


Trik Tampil Stylish untuk Gaya Setelan Pria

Material kontras, seperti velvet dan satin hingga pilihan aksesori pun dapat menyempurnakan gaya pria. Ini triknya!


Tips Tampil Fashionable dengan Tas Ransel

Siapa bilang mengenakan tas ransel membuat pemakainya terlihat tidak stylish? Berikut opsi dan trik bergaya dengan tas ransel dari Bazaar.


10 Buku Fashion yang Wajib Anda Baca

Habiskan waktu senggang Anda dengan membaca buku-buku bertema fashion pilihan Bazaar berikut ini.


Ide Kado Natal dan Tahun Baru Terbaik

For the traveling addict, fashion lover, and geek at heart!