• 5 Kedai Kopi Wajib Coba di Melbourne


    5 Kedai Kopi Wajib Coba di Melbourne

    Dari mulai Patricia hingga Brother Baba Budan, temukan lima kedai kopi favorit Bazaar yang tak boleh Anda lewatkan!


    Di samping gelarnya sebagai lokasi terbaik di dunia untuk tinggal dan menetap, tentu ada alasan kuat mengapa Kota Melbourne di Australia juga dijuluki sebagai The Coffee Capital. Seolah kopi telah menjadi bagian utama dari kultur masyarakat yang tinggal di atasnya.

    Bazaar cukup bersyukur atas munculnya gerakan third wave coffee, yang akhirnya mengangkat nama-nama kedai kopi dengan tema lebih idealis. Mereka mengurasi dengan ketat jenis kopi yang akan disajikan, sekaligus mengukur variabel-variabel yang membuat kopi menjadi produk artisan daripada sebuah komoditi.

    Kali ini, Bazaar akan berbagi lima kedai kopi favorit di Melbourne yang wajib dikunjungi oleh Anda para pencinta kopi.


    1. Brother Baba Budan

    Awalnya, Bazaar tertarik dengan kedai kopi Brother Baba Budan karena mendengar namanya yang tergolong unik. Ternyata, nama ini diambil dari identitas seorang sufi yang menyelundupkan tujuh bibit kopi subur dari Yaman ke India pada abad ke-17.


    Sesampainya di BBB, Bazaar menyaksikan sendiri kepopuleran kedai kopi ini. Karena meskipun tempatnya yang tergolong kecil, begitu banyak orang yang mengantre di depannya untuk mencicipi kopi racikan BBB yang sudah sangat terkenal di Melbourne.



    Dari seluruh racikan kopi yang ada di BBB, Bazaar menjatuhkan pilihan pada kopi Kinyovu asal Burundi, Afrika, salah satu yang direkomendasikan sang barista karena konsistensinya yang ringan dengan hint aroma buah cranberry, peach, dan karamel di dalamnya. Sangat unik dan membuat Bazaar semakin penasaran dengan cita rasa kopi lainnya.



    2. Dukes Coffee Roasters

    Jika sedang mengunjungi area CBD, Anda bisa menemukan kedai kopi Dukes yang terselip di antara berbagai restoran di sekitarnya.


    Rasanya sangat cocok jika setelah bersantap di Flinders Lane, Anda menuju ke sini untuk menyisip segelas kopi sebelum berkeliling ke lokasi lainnya di Melbourne.



    Selain dibuat nyaman dengan atmosfer kafe yang hangat, Dukes tepat bagi para pencinta kopi yang menggemari espresso based dengan ditemani kue moist dengan cita rasa pistachio.


    3. Aunty Peg's

    Nama Proud Mary yang berlokasi di Fitzroy tentu sudah tak asing lagi bagi para penggemar menu breakfast. Namun jangan buru-buru meninggalkan kawasan ini. Anda juga wajib mengunjungi Aunty Peg's, cabang Proud Mary yang fokus terhadap kopi.



    Lokasinya berdekatan, hanya berjarak sekitar dua blok dari Proud Mary. Meski dari luar terlihat kecil, Anda akan kaget saat masuk ke dalamnya. Karena ternyata, kedai Aunty Peg's ini langsung tersambung dengan roastery milik Proud Mary.



    Selain menikmati kopi, Anda juga bisa berbincang mengenai kopi dengan para barista sembari melihat proses roasting dan pengemasan kopi di sisi belakang kafe.




    Baca juga: Tipe Peminum Kopi Seperti Apakah Anda?


    4. Patricia Coffee Brewers



    Terletak di ujung Little Bourke dan Little William Streets, memberikan mereka lokasi yang pas untuk keramaian turis dan juga para pekerja kantoran. Patricia Coffee Brewers yang sudah berdiri selama dua tahun ini diberi titel sebagai kopi terbaik di Melbourne dan juga di Australia.

    Berada di pusat perkantoran justru membuat para barista ini tak sungkan membuka pintunya lebih awal dibanding kedai kopi lainnya.




    Tempat yang bernuansa tradisional bercampur kontemporer ini memiliki interior yang playful, seperti lampu neon yang bertuliskan sunshine, dan juga keramik yang bertuliskan 'Standing Room Only'.

    Meski tidak menyediakan fasilitas kursi dan meja, tempat yang dulu beroperasi sebagai kantor pengacara ini tak pernah terlihat sepi akan pengunjung.



    5. Manchester Press


    Tempat yang dirubah dari old printing house menjadi kedai kopi ini, masih memiliki unsur pabrik seperti rolling doors, dinding yang terbuat dari batu bata, dan juga kursi vintage yang memiliki aksen kayu.



    Meski berfokus kepada kopi, Anda juga dapat mencoba variasi bagel mereka yang tak kalah menarik, dan juga menjadi favorit para pengunjung setianya.

    Kedai kopi satu ini memiliki tiga karakter yang membuatnya disebut sebagai the classic Melbourne new wave cafe, yakni lokasinya yang berada di tempat yang tersembunyi, mereka tidak peduli dengan keberadaan kafe baru, dan it’s all about coffee.

    Selamat mencoba!

    Baca juga: 5 Kopi Susu Favorit di Jakarta

    Baca juga: Kedai Kopi St. Ali Hadir di Jakarta


    (Foto: courtesy of Instagram @Manchesterpress)








- MORE STORIES -


Smartphone Baru dengan Kamera untuk Super Selfie

Motorola meluncurkan smartphone dengan dua kamera belakang, dan software spesial untuk hasil foto berkualitas.


Pentas Musikal Anak Rusun

Rayakan perbedaan budaya dengan lagu anak nasional.


Plandid, Tren Foto Terbaru di Instagram

Jangan ketinggalan mengikuti tren Instagram satu ini.


7 Destinasi untuk Nikmati Musim Dingin di Prancis

Kunjungi tujuh destinasi musim dingin ini di Prancis, untuk liburan akhir tahun yang tak terlupakan.