• Culture / News

    Fakta Tentang Album Terbaru Jay-Z, 4:44


    Fakta Tentang Album Terbaru Jay-Z, 4:44

    Sebuah dedikasi untuk kehidupan rumah tangga, musik, dan budaya hiphop.


    Bagi para penggemar musik hiphop tentunya kabar rilisnya album terbaru dari musisi Jay-Z adalah sebuah kabar baik. Namun lebih dari itu, album ke-13 dari suami Beyonce ini disebut-sebut sebagai salah satu karya Jay-Z yang paling sentimental dan berisikan banyak penuturan dari kehidupan perkawinannya dengan Beyoncé.

    Bertajuk 4:44, album musik ini dirilis tepatnya pada 30 Juni lalu dan hingga saat ini hanya tersedia secara eksklusif di Tidal, yakni online streaming service yang memang juga dimiliki oleh Jay-Z. Mengikuti rasa penasaran khalayak akan album terbaru Jay-Z ini, berikut Bazaar akan menuturkan hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang 4:44.

    1. Di bawah arahan executive producer No I.D, 4:44 berisikan 10 lagu. Beberapa di antaranya turut menampilkan artis lain, seperti Frank Ocean, Damian Marley, dan Gloria Carter yang tak lain merupakan ibu dari Jay-Z.

    2. Bagi keluarga Jay-Z dan  Beyoncé, angka 4 dikenal memiliki makna yang dalam. Dalam sebuah interview beberapa tahun lalu, Beyoncé menuturkan alasan mengapa angka 4 sangat berarti baginya dan suaminya.

    "Ulang tahun saya jatuh pada tanggal 4. Begitupun dengan ibu saya dan suami saya. Saya sendiri juga menikah pada tanggal 4," ujar Beyoncé saat itu. Jay-Z dan Beyoncé menikah tepatnya pada 4 April 2008.


    3. Dari sepuluh lagu yang hadir dalam album ini, lagu berjudul 4:44 disebut Jay-Z sebagai nyawa dari album ini. Dalam wawancara radio, Jay-Z menceritakan bahwa ia menulis lagu ini tepat pada pukul 4.44 dini hari.

    Uniknya lagu ini juga berdurasi 4 menit, 44 detik. Mengenai makna dari lagu 4:44, bisa dilihat dari liriknya bahwa Jay-Z mencurahkan perasaannya dan permintaan maafnya pada sang istri.

    Sebelumnya di tahun 2016, Beyoncé merilis album bertajuk Lemonade, di mana lirik-lirik mengenai rasa sakit hati, kekecewaan, dan isu perselingkuhan ditemukan dalam lagu-lagu di dalamnya. Oleh karena itu album 4:44 dianggap menjadi jawaban Jay-Z atas Lemonade.

    4. Salah satu lagu dalam album 4:44 yang berjudul Smile, dibawakan Jay-Z bersama sang ibunda, Gloria Carter. Di lagu ini pulalah, sang ibu bercerita bahwa ia merupakan seorang penyuka sesama jenis, yang dilanjutkan oleh Jay-Z bahwa ia tetap mencintai sang ibu apapun kondisinya.

    5. Album 4:44 juga menyoroti hubungan hate-love relationship di antara Jay-Z dan Kanye West. Sebelumnya Kanye West sempat meluncurkan kritik pada Jay-Z dan Beyoncé di tengah penampilan turnya. Dalam lagu 4:44 dan Kill Jay Z, rapper ini juga menyoroti Kanye West yang dianggapnya tidak tahu berterima kasih.

    6. Selain Kanye West, selebriti lain yang juga dibawa dalam album ini adalah Eric Benet. Jay-Z menjadikan Eric sebagai contoh dari tindakan pengkhianatan dalam rumah tangga. Eric Benet sendiri merupakan mantan suami dari aktris Halle Berry. Keduanya berpisah setelah Eric diketahui telah mengkhianati Halle.

    Baca juga:

    Beyoncé Melahirkan Anak Kembar

    Nama Anak Kembar Beyonce dan Jay-Z


    (Foto: Getty Images)







- RELATED ARTICLE -