• Fashion / News

    Generasi Baru Model Asia


    Generasi Baru Model Asia


    Di tengah dominasi model Kaukasia, beberapa model Asia bersinar dan mendapat perhatian tersendiri pada musim Fall/Winter 2013.

    Walaupun masalah rasial tetap menjadi isu di dunia fashion, model Asia memiliki kesempatan lebih baik di antara model kulit berwarna lainnya dan menjadi staple pada peragaan busana desainer ternama, terutama mereka yang ingin atau sudah memasuki pasar Asia. Tentu saja hal ini dikarenakan Asia telah menjadi destinasi pemasaran luxury product yang sedang berkembang pesat.

    Dari daratan Cina, Sui He dan Xiao Wen Ju nampaknya siap untuk menerima tongkat estafet supermodel asal Cina selanjutnya dari model sebelumnya, Du Juan dan Fei Fei Sun. Sui He terpilih sebagai model Asia kedua yang pernah berjalan untuk Victoria’s Secret setelah Liu Wen, pada musim ini berjalan di antaranya untuk Dolce and Gabbana, Marchesa, dan Michael Kors. Sedangkan Xiao Wen Ju yang berjalan di antaranya untuk Chanel dan Kenzo Fall/Winter 2013 ini adalah model Asia pertama yang membintangi iklan Marc by Marc Jacobs.

    Sedangkan dari kawasan Jepang-Korea, Soo Joo, Ji Hye Park, Sung Hee Kim, dan Chiharu Okunugi adalah nama-nama yang patut diperhatikan sepak terjangnya. Pada debut Fall/Winter 2013-nya, Soo Joo dan Ji Hye Park masing-masing membuka show Just Cavalli dan Prabal Gurung. Sesama model Korea lainnya, Sung Hee Kim, berjalan untuk total 36 show termasuk Chanel dan Miu Miu, ketiga terbanyak dari model asal Asia lainnya. Rekor 36 show milik Sung Hee Kim disaingi oleh model asal Jepang, Chiharu Okunugi, sang bintang iklan Chanel Fall/Winter 2013 ini berhasil mengantongi 55 show sepanjang musim ini.

    Fenomena global Korean wave pun nampaknya sudah sampai ke industri mode lewat hadirnya tiga model baru asal Korea Selatan. Walaupun nama mereka masih asing di mode dunia, Soo Joo, Ji Hye Park, dan Sung Hee Kim adalah veteran di tempat asalnya. Pengalaman di industri mode lokal membuat mereka well-prepared dan dengan mudahnya menaklukan runway dunia.

     

    (Teks: Vania Yulita ; Foto: Dok. Bazaar)




- RELATED ARTICLE -