Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Efek Samping Penggunaan Kosmetik

Efek Samping Penggunaan Kosmetik

Apabila mendengar kata kosmetik, pikiran Anda langsung tertuju pada berbagai macam produk makeup seperti bedak, lipstick, eyeliner, dan lain-lain. Namun sebenarnya kosmetik adalah serangkaian produk yang diciptakan untuk digunakan pada area luar tubuh manusia seperti rambut, kulit, kuku, bibir, maupun daerah genital bagian luar. Produk kosmetik ini berfungsi untuk mengubah penampilan, membersihkan, mewangikan, melindungi, dan merawat tubuh. Kosmetik sebenarnya tidak sebatas produk makeup saja tetapi juga termasuk shampoo, minyak wangi, hingga pasta gigi. Dengan begitu luasnya konsumen yang menggunakan, produsen pun memproduksi berbagai ragam jenis kosmetik dan hasilnya adalah banyak kosmetik dengan kandungan bahan kimia yang juga dapat mengakibatkan efek samping apabila Anda menggunakannya dalam jangka panjang.

Pada umumnya reaksi yang timbul akibat penggunaan kosmetik adalah alergi seperti bercak merah, komedo atau jerawat, serta kelainan pigmentasi. Munculnya alergi ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kulit yang sensitif, cara pemakaian yang tidak tepat, dan pH yang terkandung di dalam bahan kosmetik tidak sama dengan pH kulit. Alergi yang muncul biasanya berupa bercak merah dan gatal pada area kulit. Selain itu, biasanya terdapat kandungan merkuri dalam produk kosmetik yang dapat menyebabkan kelainan pigmentasi, yaitu munculnya bercak berwarna coklat atau hitam. Setelah mengetahui banyaknya efek samping yang muncul akibat pemakaian kosmetik, Anda perlu mengetahui kiat-kiat untuk meminimalisir hal tersebut.

1. Jangan menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa, serta perhatikan petunjuk simbol PAO (Period After Opening) karena simbol ini memberitahu Anda berapa lama jangka waktu produk tersebut bisa digunakan setelah kemasan dibuka untuk pertama kalinya.

2. Baca terlebih dahulu petunjuk penggunaan sebuah produk kosmetik sebelum Anda mengaplikasikannya pada bagian tubuh. Perhatikan juga kandungan yang terdapat didalamnya, karena biasanya terdapat bahan kimia yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh.

3. Untuk penggunaan cat rambut dan parfum, sebaiknya melakukan patch test terlebih dahulu untuk menghindari alergi pada kulit. Pengujian ini dilakukan dengan cara mengoleskan sedikit produk pada area belakang telinga dalam waktu 24 jam. Apabila tidak timbul tanda-tanda alergi, maka produk tersebut aman untuk digunakan.

4. Jangan memakai kosmetik pada area kulit yang sedang luka karena hal ini dapat menyebabkan bahan kimia meresap ke dalam kulit dan akan muncul efek samping lainnya.

5. Pemakain kosmetik khususnya makeup sebaiknya apabila diperlukan saja, karena di dalam setiap produk pasti terdapat bahan kimia yang tidak baik untuk kulit apabila digunakan dalam jangka waktu lama.

(Teks: Mira Moeis, Foto: Google.com)