Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tip Anti Lemas Saat Puasa

Simak kiat-kiat agar Anda tetap bersemangat selama menjalani ibadah di bulan suci Ramadan.

Tip Anti Lemas Saat Puasa

Menahan lapar dan dahaga seharian memang kerap menguji fisik dan mental Anda. Akibatnya, beberapa orang pun merasa seperti kurang bertenaga ketika berpuasa. Sebagai solusi agar tetap kuat dalam menjalankan aktivitas seperti biasanya, baca trik jitu berikut ini.

1. Cukup istirahat

Atur segala kesibukan sedemikian rupa agar Anda dapat tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap harinya.

2. Konsumsi makanan bergizi

Saat iftar dan sahur, pastikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda mencakup karbohidrat, serat, buah-buahan, dan produk susu. Tapi ingat, hindari makan dengan porsi berlebihan. Selalu utamakan kualitas daripada kuantitas! 

Baca juga: Solusi Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa


3. Banyak minum

Dehidrasi tak hanya menyebabkan turunnya konsentrasi namun juga memperburuk kesehatan. Untuk menghindarinya, pastikan Anda menghabiskan setidaknya dua liter air dalam 24 jam.

4. Olahraga

Solusi satu ini mungkin terdengar kontradiktif bagi sejumlah individu. Padahal, aktif bergerak terbukti mampu memompa stamina sekaligus melatih kekuatan otot dan tulang. Pilih latihan dengan intensitas ringan dan dekatkan waktunya dengan berbuka agar Anda bisa segera mengganti cairan yang hilang sesudahnya.

Baca juga: 5 Trik Sukses Berolahraga Saat Puasa


5. Power nap

Saat kantuk sudah tak tertahankan, tak ada salahnya untuk memejamkan mata beberapa menit saja saat siangnya. Jangan sampai terlalu lama karena justru berpotensi mengakibatkan Anda semakin lesu. 


Baca juga:

Destinasi Berbuka Puasa di Jakarta

Menjaga Stamina Tubuh di Bulan Puasa

Manfaat Detoks Tubuh Saat Puasa


(Foto: F8 Studio/Shutterstock.com)