Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Siapa pun bisa saja terkena penyakit membahayakan ini tanpa kecuali. Namun, banyak pula cara untuk menghindarinya mulai dari sekarang juga.

Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Faktanya, fenomena kanker payudara boleh jadi dipengaruhi akan hal-hal yang tak bisa dikontrol seperti faktor genetika dan bertambahnya usia. Kendati demikian, terdapat sejumlah tindakan preventif yang dinilai efektif mengurangi munculnya momok tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Menjaga berat badan ideal

Diet seimbang bukan semata-mata karena ingin terlihat lebih langsing, namun sekaligus mampu mengelakkan Anda dari akibat obesitas serta berbagai macam komplikasi kesehatan yang mengikutinya termasuk di antaranya kanker payudara. 

2. Mengurangi konsumsi alkohol

Semakin banyak minuman beralkohol yang masuk ke dalam tubuh, risiko timbulnya kanker payudara akan semakin besar pula. 

Baca juga: Implan Payudara Menyebabkan Kanker


3. Menyusui

Pasca bersalin, susuilah bayi Anda sampai setidaknya enam bulan secara eksklusif atau bahkan hingga dua tahun jika memang memungkinkan. Hal ini dikarenakan oleh tingkat estrogen yang cenderung lebih rendah saat memberikan ASI.

4. Berolahraga dengan teratur

Jangan malas bergerak! Olah tubuh secara rutin juga sanggup memperendah probabilitas Anda terpapar kanker payudara. Sempatkan beraktivitas fisik setidaknya empat jam dalam seminggu agar tubuh senantiasa bugar.  


Baca juga: 

Benarkah Tato Bisa Memicu Kanker?

Fenomena Mandi Bir untuk Kecantikan

6 Produk Kecantikan untuk Liburan di Tempat Tropis


(Foto: puhhha/Shutterstock.com)