• Beauty / News

    The Body Shop Kampanye untuk Melawan Animal Testing


    The Body Shop Kampanye untuk Melawan Animal Testing

    The Body Shop ingin melakukan revolusi terhadap dunia kosmetik dalam penggunaan percobaan terhadap hewan. Simak informasi selengkapnya.


    Sudah lama rasanya kita mendengar bahwa banyak perusahaan kosmetik awalnya menggunakan hewan untuk menguji efektivitas dari produk mereka. Namun seiring dengan perkembangan zaman, akhirnya banyak dari perusahaan kosmetik terkemuka mulai sadar bahwa cara yang dilakukan tidaklah benar.

    Beberapa dari mereka mulai mengklaim bahwa produk yang diluncurkan sengaja dibuat tanpa adanya pengujian terhadap hewan, dengan mencantumkan tajuk Free Animal Testing. Demi memantapkan serta mempertegas larangan pengujian terhadap hewan tersebut, akhirnya The Body Shop® secara resmi mengumumkan kampanye baru untuk larangan global dalam menggunakan hewan.


    Hal itu dikarenakan 80% negara di dunia masih tidak memiliki undang-undang yang mengatur larangan pengujian kosmetik. Ditambah lagi, aturan mengenai pengujian hewan dalam kosmetik saat ini masih belum seragam, tiap negara memiliki undang-undang berbeda di seluruh dunia sehingga konsumen tidak mendapat informasi dengan benar.

    Perusahaan kosmetik asal Amerika Serikat ini sengaja bekerja sama dengan salah satu organisasi nirlaba terkemuka yakni Cruelty Free International. dan akan membawa kampanye tersebut hingga ke otoritas tertinggi seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

    Cruelty Free International sendiri mencatat data bahwa sekitar 500.000 hewan masih digunakan dalam pengujian kosmetik setiap tahunnya. Hasilnya pun tidak pernah divalidasi tentang tingkat keakuratannya dalam menguji keselamatan sebuah kosmetik maupun bahan bakunya.

    Padahal kini sudah ada cara yang lebih modern dan efektif, yakni menggunakan kulit manusia artifisial, dan metode itu memiliki result serupa layaknya pengujan terhadap hewan.


    Demi menyukseskan kampanye ini, The Body Shop® ingin mengajak 8 juta individu di seluruh penjuru dunia yang peduli terhadap keselamatan hewan untuk menandatangani petisi. Anda dapat berpartisipasi melalui situs online The Body Shop® atau mengunjungi butik terdekat. 

    Karena The body Shop® dan Cruelt Free International berharap larangan pengujian terhadap hewan untuk merancang produk dan bahan baku yang memakai hewan akan terlaksana pada tahun 2020.

    Apakah Anda juga ingin melawan penggunaan hewan dalam menguji kosmetik kesayangan Anda?


    (Foto: Courtesy of The Body Shop®)




- RELATED ARTICLE -