• Culture / Tips

    Destinasi Berbuka Puasa di Jakarta


    Destinasi Berbuka Puasa di Jakarta

    Tim Harper's Bazaar merangkum destinasi berbuka puasa di seputar Jakarta yang akan terus diperbarui sepanjang bulan Ramadan ini.


    Memeriahkan bulan Ramadan, tim Harper's Bazaar akan memberikan rekomendasi tempat bagi Anda berbuka puasa bersama keluarga atau sahabat. Simak terus artikel ini, daftar destinasi akan terus ditambahkan sepanjang bulan ini.


    Artotel Thamrin Jakarta

    Berbuka puasa dalam suasana akrab dan kasual, Roca dan Bart di Artotel Jakarta bisa menjadi pilihan tepat. Lebih dari sekadar menyediakan menu istimewa, Artotel juga menghadirkan suasana unik sesuai karakter mereka sebagai hotel yang kuat dengan inspirasi seni. Ada pameran seni See Something Strange oleh seniman baru bernama Muklay, yang berkolaborasi dengan anak-anak berkebutuhan khusus dari Yayasan Daya Pelita Kasih, Pejaten, Jakarta. Semua karya bisa dibeli dengan sistem silent auction, dan hasilnya disalurkan kepada yayasan.



    Kosenda Hotel

    Mencari menu Peranakan untuk berbuka puasa, datanglah ke Waha Kitchen di Hotel Kosenda. Menu istimewa untuk bulan puasa, bertajuk Ramadhan Delight yang terdiri antara lain dari Fish Dabu Rica, Crispy Tofu, Beef Rendang, dan Peranakan Chicken Curry. Porsi setiap menu pun cukup besar untuk disantap bersama teman-teman atau keluarga. Sebagai pembuka, Crispy Tofu dengan isi cumi, wortel, jamur, dan saus ikan tampil menggugah selera. Sedangkan Fish Dabu Rica dibuat dari ikan barramundi dengan paduan bumbu yang menghasilkan cita rasa pedas dan segar.



    Oku Japanese Restaurant, Kempinski Jakarta

    Kuliner Negeri Matahari Terbit memang senantiasa dirindukan kehadirannya. Jadikan iftar Anda terasa lebih istimewa dengan menikmati menu ala Jepang di restoran Oku yang senantiasa menjadi kebanggaan tersendiri di Kempinski Jakarta. 





    Bistro Baron, Plaza Indonesia

    Jika biasanya Anda hanya berbuka dengan makanan Indonesia saja, sesekali tak ada salahnya untuk mencoba hidangan Timur Tengah yang eksotis dan berbeda daripada biasanya. Tak perlu jauh-jauh, cukup langkahkan kaki ke Bistro Baron di Plaza Indonesia dan Anda pun sudah bisa mencicipi olahan nasi dan daging bakar khas Arab.





    C’s Steak and Seafood Jakarta, Grand Hyatt Hotel

    Apakah Anda sudah pernah mencoba makanan otentik Turki seperti meze tabagi, misalnya? Ini adalah serangkaian appetizer, baik disajikan panas maupun dingin, yang menjadi suguhan sedap sebelum main course. Jika belum, saatnya menjajal kelezatannya di C’s Steak and Seafood Jakarta yang berlokasi di Grand Hyatt Hotel.

    Selain itu, ada pula lamb chop dengan purée terong panggang yang sayang untuk dilewatkan. Untuk menyempurnakan segalanya, akhiri dengan secangkir kopi Turki pula!





    Le Meridien Jakarta

    Momen berbuka puasa bersama sanak famili pasti akan semakin berkesan jika digelar di tempat dengan nuansa Timur Tengah yang kental, seperti salah satu contohnya Al Nafoura di hotel Le Meridien Jakarta. Diolah langsung oleh koki dari Yordania, paket buffet ini dipastikan memiliki cita rasa dengan keunikan karakternya sendiri.

    Selain olahan daging kambing dan domba, Anda juga dapat mencoba hidangan laut seperti lobster bakar. Sebagai penutup, es krim Turki yang legit pun siap disantap!





    The Dharmawangsa Jakarta

    Hingga tanggal 22 Juni mendatang, Anda akan dimanjakan dengan event istimewa bertajuk Iftar Dinner persembahan The Dharmawangsa Jakarta. Lain daripada yang lain, hotel yang terletak di jantung Jakarta Selatan ini mengajak Anda untuk menjajal sajian khas Mesir lengkap dengan atmosfer Arab nan hangat dan eksotis.




    Hotel Gran Mahakam

    Bagi Anda yang menetap di Jakarta, tentunya Hotel Gran Mahakam tidak asing lagi. Merayakan bulan Ramadan ini, Gran Mahakam menyiapkan sejumlah program spesial bagi para pelanggannya, termasuk buffet berbuka puasa di Le Gran Cafe yang ikonis. Buffet yang dinanti-nanti tiap tahun ini akan kembali menghadirkan signature menu mereka yang lezat, Nasi Daun Jeruk dan Bubur Tampah.




    Hotel Mulia Senayan, Jakarta

    Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, keempat restoran di Hotel Mulia, The Cafe, Table8, Orient8, dan Edogin, seluruhnya menawarkan beragam sajian istimewa dan tajil untuk berbuka puasa, melengkapi menu buffet lokal dan internasional yang disajikan oleh masing-masing restoran. Selain itu, The Chocolate Boutique juga menawarkan Ramadan Sweets berupa kurma yang tersedia dalam berbagai macam rasa seperti kacang almond, hazelnut, pistachio, dan lainnya.




    Ayana MidPlaza Jakarta

    Hotel yang sebelumnya dikenal sebagai InterContinental MidPlaza Jakarta ini memang belum memiliki banyak perubahan dari segi F&B, namun di Ramadan kali Ayana MidPlaza tetap bersiap merayakan bulan nan suci ini dengan tema Ramadan Nusantara.

    Rasa Restaurant, destinasi hidangan kontemporer Ayana MidPlaza membawa sajian Indonesia sebagai highlight. Anda bisa menemukan tajil khas kue tradisional Indonesia, hingga gorengan, atau karedok sebagai pembuka. Tema nusantara ini juga tidak mengesampingkan hidangan internasional, karena Anda tetap bisa menemukan ragam sushi, noodle station, hingga BBQ station yang siap melayani selera makan Anda setelah berbuka puasa. 




    JW Marriott Hotel Jakarta

    Ikut merayakan bulan Ramadhan, JW Marriott Hotel Jakarta menyediakan aneka sajian istimewa di kedua restorannya. Sailendra Restaurant menyajikan masakan khas Indonesia, yang otentik dan kaya rasa seperti menu favorit para pelanggannya Gula Ikan Patin, ada juga Kambing Guling, dan Kolak Pisang sebagai salah satu hidangan pembuka.

    Sedangkan restoran Pearl menyajikan kombinasi masakan Indo-Tiongkok yang unik seperti Chinese Beef Shank, Sup Jagung Manis dengan Ayam, dan juga Honey Dates Cake sebagai hidangan penutup. 



    Fairmont Jakarta Hotel

    Buffet Ramadhan di Hotel Fairmont Jakarta, termasuk yang paling diminati tahun ini. Menggelar buffet di restoran Spectrum, Bazaar pertama kali tertarik pada bagian dessert yang menawarkan jajan pasar, termasuk menu favorit seperti bubur sumsum dan wedang ronde. Nuansa Timur Tengah juga hadir melalui sajian mezze baik yang hangat maupun dingin. Ada pula Nasi Kebuli hingga kambing guling. Saran dari Bazaar, pesanlah cheese naan yang wajib disantap saat masih hangat.




    Raffles Hotel Jakarta

    Arts Cafe di Raffles Hotel Jakarta tahun ini menghadirkan satu tim juru masak dari Hotel Raffles Istanbul. Buffet Ramadhan mereka pun mengusung tema A Taste of Turkey. Sajian istimewa antara lain Steamed Gravitated Lobster, Manti (dumpling berisi daging sapi), dan Balik Bugulama. Meski hidangan digelar dengan konsep buffet, tapi ada banyak hidangan pass-around yang mengurangi kerepotan Anda mondar-mandir mengambil makanan. Anda yang bersantap di Hotel Raffles juga akan diikutkan pada lucky draw di setiap pekan Ramadhan. 



    Gran Melia Jakarta

    Café Gran Via menampilkan seleksi istimewa rasa Nusantara dengan hadirnya 10 sambal Indonesia, seperti sambal terasi, bajak, penyet, dan lainnya. Menu ayam dan domba panggang akan tersedia sepanjang periode buka puasa untuk menemani sajian pedas dari sambal-sambal tersebut. Sebagai hidangan penutupnya, deretan kue tradisional dipersembahkan segar à la minute, seperti serabi, tape bakar, dan pisang bakar. Hidangan Nusantara ini tersedia di samping opsi masakan Jepang, Cina, dan India. 



    The Holy Crab

    Bagi pencinta seafood, tentu tak boleh melewati eksotisnya berbagai sajian hidangan laut ala The Holy Crab. Untuk momen buka puasa kali ini, The Holy Crab mempersembahkan menu istimewa, yaitu Cajun Family Package dengan berbagai opsi hidangan, di antaranya kerang dan udang segar hingga kepiting Alaska yang menjadi bintang utama dengan saus cajun yang menggugah selera.




    Baharat, The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place

    Mengikuti kesuksesan yang diraih selama dua tahun berturut-turut, restoran pop-up yang terletak di dalam ballroom The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place kembali hadir untuk memuaskan cita rasa para penikmat kuliner di Indonesia. Kali ini Baharat hadir dengan Chef Rabih dan Chef Blaise sebagai dua nama baru pendamping Chef Kemal Ozean yang telah berpartisipasi di Baharat sejak pertama kali diadakan dua tahun silam.

    Dengan sajian khas Timur Tengah seperti Omani Dry Fish Salad, Moroccan Chermoula Fish Tagine, Chicken Maqloobah, dan Lamb Shuwa, Baharat sukses menjadi acara yang ditunggu-tunggu setiap datangnya bulan Ramadan. 



    (Foto: Africa Studio/Shutterstock.com, Dok. Hotel Gran Mahakam, Dok. Hotel Mulia, Dok. Ayana MidPlaza Jakarta, Dok. JW Marriott Hotel, Dok. Raffles Hotel Jakarta, Dok. Fairmont Jakarta, Dok. Gran Melia Jakarta, Dok. Facebook The Holy Crab. Dok. The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, Dok. Instagram)