• Beauty / Tips

    Solusi Rambut Berminyak


    Solusi Rambut Berminyak

    Miliki rambut indah dan berkilau bebas dari jejak minyak penyebab rambut kusam dan lepek.


    Apabila Anda pemilik rambut berminyak, tentunya kerap mengalami frustasi ketika rambut bersih setelah keramas, tidak lama kemudian sudah kembali lepek. Hal inilah yang membuat wanita memilih untuk membersihkan rambut setiap hari. Bahkan tidak jarang yang memakai sampo sebanyak dua kali dalam ritul mandinya. Padahal, tahukah Anda hal tersebut justru akan merusak kondisi kulit kepala? Berdasarkan sebuah penelitian dermatologi, kebiasaan keramas setiap hari justru akan memicu produksi sebum pada kulit kepala meningkat.

    Ya, pada saat Anda mencuci rambut, minyak alami turut terangkat dan hal tersebut mendorong tubuh untuk kembali memproduksi sebum untuk melindungi kesehatan kulit kepala. Oleh karena itu, ahli dermatologi menyarankan untuk mencuci rambut dua sampai tiga kali seminggu agar sirkulasi minyak alami bisa berjalan normal dan akan mencegah rambut menjadi lekas kotor dan lepek.

    Namun, apabila Anda merasa tidak nyaman dengan solusi tersebut, Bazaar merangkum beberapa langkah untuk menjaga keindahan rambut melalui cara alami, seperti berikut ini :

    1. Lemon, kandungan asam dalam sari lemon dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH dan mengontrol sekresi pada kulit kepala. Caranya, peras tiga buah lemon dan campurkan dengan ¼ gelas air, lalu aplikasikan pada seluruh helai rambut dan scalp, diamkan selama dua sampai tiga menit, kemudian cuci dengan air hangat dan sampo.

    2. Teh, mengandung senyawa yang bernama tannic acid berfungsi untuk mencegah munculnya minyak berlebih dengan cara mengecilkan pori-pori pada kulit kepala. Caranya, celupkan satu buah kantung teh ke dalam air hangat, kemudian oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan sampo.

    3. Baking soda, juga mengandung asam yang dapat menjaga kestabilan pH pada kulit kepala agar produksi sebum tetap dalam tahap normal. Caranya, campurkan satu sampai tiga sendok makan baking soda ke dalam satu liter air, kemudian aduk merata. lalu aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan selama 20 menit, selanjutnya cuci dengan sampo.

    Dalam setiap resep tersebut, hindari menggunakan kondisioner. Karena produk tersebut justru akan menyebabkan rambut berminyak menjadi lebih lembap yang akan berujung pada lepek. Selain cara alami di atas, Anda bisa gunakan dry shampoo karena dianggap cukup efektif untuk menjaga keindahan rambut, dimanapun dan kapanpun.

     

    (Ardani Sesotyasari, Shutterstock/Click Photos/Yunoco)




- RELATED ARTICLE -