• Culture / News

    Paviliun Indonesia Hadir di Venice Biennale yang ke-55


    Paviliun Indonesia Hadir di Venice Biennale yang ke-55


    Salah satu ajang paling penting di dunia seni rupa, Venice Biennale kembali digelar untuk ke-55 kalinya di salah satu kota indah nan romantis, Venezia, Italia. Resmi dibuka sejak hari Sabtu, 1 Juni kemarin, pameran ini diharapkan akan dihadiri oleh ratusan ribu pencinta dan penikmat karya seni dari berbagai kalangan.

    Pergelaran tahun ini adalah momen yang spesial sekaligus bersejarah bagi Indonesia karena diundang untuk mendirikan paviliunnya sendiri hingga pameran berakhir di akhir November nanti. Menempati satu dari dua hall utama pameran yang dinamakan Arsenale, Paviliun Indonesia memamerkan karya seni dari lima seniman Indonesia.

    Albert Yonathan, Sri Astari, Eko Nugroho, Entang Wiharso, dan Titarubi masing-masing memamerkan karya yang merespon tema Sakti. Sakti yang diangkat sebagai judul pameran merepresentasikan kekuaatn yang menyatukan Indonesia sebagai suatu bangsa. Dan para seniman yang memiliki beragam latar belakang, usia, serta karakter karya yang berbeda tentunya akan mencerminkan kekayaan ranah seni rupa Indonesia di kancah internasional.

    Stella Mailoa. Foto: Dok. Paviliun Indonesia