Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Pulau Bawah

Sebelum Anda mengepak koper Anda, mari simak sekelumit fakta seputar resort mewah yang berlokasi di sebuah pulau terpencil di Kepulauan Riau

8 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Pulau Bawah

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki begitu banyak destinasi wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi saat berlibur. Salah satunya adalah Pulau Bawah, yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.

Kehadiran resort mewah bertaraf internasional di Pulau Bawah menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi para pencinta wisata bahari. Hotel bernama Bawah Reserve ini menyulap Pulau Bawah menjadi "rumah" yang luks, nyaman, dan privat untuk pelancong yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan dan menikmati tenangnya berbaur dengan alam.

Pada awal bulan Mei 2018, Harper's Bazaar Indonesia berkesempatan untuk menikmati secara langsung resort yang dibuka pada pertengahan tahun 2017 tersebut. Artikel ini akan mengupas berbagai hal seputar resort Bawah Reserve sebagai panduan bagi Anda para pelancong sejati.

Berikut adalah delapan hal mengenai Pulau Bawah yang perlu Anda ketahui:


1. Cara reservasi Bawah Reserve

Saat ini, Anda dapat melakukan proses reservasi langsung dari situs resmi Bawah Reserve. Tim reservasi akan meminta bukti identitas diri berupa scan paspor (resort ini dikelola dari Singapura), kemudian mereka akan meminta Anda untuk mengisi data pribadi seperti usia, alergi khusus, ukuran sepatu (untuk sewa perlengkapan snorkeling atau menyelam), hingga berat badan dan berat tas bawaan Anda (untuk keperluan batas muatan seaplane).

Perlu diketahui bahwa Bawah Reserve membatasi beban barang bawaan sebesar maksimum 15kg untuk setiap tamu.


2. How to Get There?

Pulau Bawah terletak di salah satu titik paling utara Indonesia, tepatnya di antara Malaysia dan Borneo. Untuk kesana, Anda harus terbang ke Batam (mendarat di Bandar Udara Hang Nadim) dan setibanya di Batam tim dari Bawah Reserve akan menjemput Anda langsung di ruang kedatangan. Mereka akan membantu mengambil bagasi kemudian melakukan proses check-in untuk penerbangan selanjutnya.

Dari Bandar Udara Hang Nadim, Anda akan menaiki private seaplane (pesawat amfibi) menuju Pulau Bawah. Pesawat berkapasitas maksimal 10 penumpang ini akan terbang selama kurang lebih 70-80 menit. Bersiaplah untuk menikmati pemandangan menakjubkan dari pulau-pulau kecil yang bertebaran di laut Natuna, dan setibanya di Pulau Bawah pesawat akan mendarat di permukaan laut!



Baca Juga: Rekomendasi 5 Pantai Anti Mainstream di Indonesia


3. Pilihan bungalow dan harganya

Resort yang mengusung konsep eco-resort ini memiliki 35 bungalow yang terdiri atas Garden Suite ($1780), Beach Suite ($1980), Overwater Bungalow ($2400), dan Deluxe Beach Suite ($2280).

Setiap bungalow dirancang dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan demi meningkatkan kenyamanan dan privacy para tamu. Bawah Island menyediakan buggy sebagai sarana transportasi dari kamar menuju lokasi-lokasi seputar resort seperti Grouper Bar dan Treetop Restaurant, Boat House, Aura Wellness Center, maupun jetty bercabang dua yang ikonis.

Uniknya lagi, bungalow tersebut memiliki keunggulan dari posisinya masing-masing. Bila Anda menginap di Overwater Bungalow, Anda akan dimanjakan dengan keindahan matahari terbit dan terbenam, seraya mengamati ikan-ikan yang bermain-main di bawah bungalow Anda.

Sedangkan Beachfront Suite memberikan akses langsung ke pasir putih dan pantai yang amat jernih. Anda bisa duduk-duduk santai dan berjemur tepat di depan bungalow.


4. Layanan yang termasuk dalam harga paket

Package rate yang ditawarkan oleh Bawah Reserve telah mencakup biaya penerbangan dari Bandar Udara Hang Nadim Batam ke Pulau Bawah (pulang pergi), kamar untuk dua orang, makan dan minum (mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, hingga snack dan berbagai minuman non-alkohol), spa (complimentary satu jam perawatan spa setiap harinya), kelas yoga, pilates, reiki, hingga berbagai aktivitas laut seperti snorkeling, diving, maupun canoeing.

5. Makan dan minum selama di Pulau Bawah

Meskipun berada di pulau terpencil, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati hidangan yang lezat sesuai dengan standar hotel bintang lima. Treetop Restaurant menyajikan berbagai santapan yang menggugah selera mulai dari sarapan pagi hingga makan malam.

Para koki di Treetop Restaurant akan menyambut Anda dengan sederet menu harian yang bervariasi--tergantung pada persediaan bahan baku, hasil panen, serta hasil tangkapan laut di hari itu.

Bawah Reserve memiliki perkebunan sendiri sehingga sudah bisa dipastikan bahwa sayuran yang mereka olah sangat segar. Dan bagi para pencinta hidangan laut, menu catch of the day pasti menjadi favorit.

Selain di Treetop Restaurant, Anda juga bisa menikmati santapan ringan di Grouper Bar maupun Boat House. Grouper Bar ini buka 24 jam, sehingga Anda tidak perlu repot berpikir harus membawa makanan dan minuman dari luar pulau karena Bawah Island siap menjamu Anda sepanjang hari!


Baca Juga: Daftar 10 Pulau Terbaik di Dunia


6. Aktivitas selama di Pulau Bawah

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pulau Bawah. Mulai dari olahraga air seperti snorkeling, menyelam, berenang, maupun mengayuh perahu canoe, mendaki bukit (Pulau Bawah memiliki beberapa jalur trekking yang bisa Anda tempuh), menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitarnya, bermain tenis, bermain volley pantai, bermain pasir, membaca buku di perpustakaan (koleksi buku di Bawah Reserve cukup mengesankan!), melakukan permainan board games, menikmati matahari terbenam dari Treetop Restaurant, hingga mengikuti kelas yoga, pilates, dan reiki.

Di malam hari, Anda juga bisa melakukan stargazing dan night snorkeling bersama tim dari Bawah Reserve. Bila langit sedang cerah, Anda dapat melihat indahnya milky way di langit luas!

Dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, Anda dijamin tidak akan 'mati gaya' selama berada di sana. Tim Bawah Reserve senantiasa siaga melayani kebutuhan Anda.



7. Menikmati spa di tengah pulau

Salah satu highlight dari Bawah Reserve adalah layanan spa yang sangat baik. Divisi wellness dari Bawah Reserve secara khusus mendatangkan terapis dari berbagai wilayah di Indonesia setelah melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Setiap terapis dibekali pelatihan lanjutan sehingga treatment yang mereka suguhkan akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi para tamu. Untuk menyempurnakan sensasi pengalaman spa yang tak terlupakan, dekorasi interior wellness center bertajuk Aura ini dirancang dengan elemen bambu dan kayu yang sarat akan nuansa hangat, tenang, dan rileks yang begitu membuai.


8. Perbedaan waktu di Pulau Bawah

Bawah Reserve memiliki 'zona waktu' sendiri, yakni 1,5 jam lebih cepat dari Waktu Indonesia Barat (WIB). Anda harus mengubah setting jam di telepon genggam maupun arloji Anda secara manual, karena zona waktu yang disebut Bawah time ini sengaja 'dibuat' lebih awal agar ketika para tamu bangun tidur di pagi hari, mereka masih sempat menikmati indahnya matahari terbit.

Pastikan Anda mengubah kembali setting waktu di telepon seluler Anda setelah Anda meninggalkan Bawah Reserve.

Anda sudah siap menjelajahi keindahan pulau privat yang mewah di Kepulauan Riau ini?


Baca juga: Pulau Bawah, Surga Tropis Baru di Indonesia


(Foto: Akhmad Dariel Islam, courtesy of Bawah Island)