• Bride / News

    Kehadiran Putri Diana di Pernikahan Harry dan Meghan


    Kehadiran Putri Diana di Pernikahan Harry dan Meghan

    Bukan, kursi kosong itu bukan untuk Putri Diana. Kami tidak membahas kehadiran Lady Di secara harfiah.


    Pangeran Harry masih berusia 12 tahun saat sang ibu, Putri Diana, meninggal dunia.

    Menjadi putra bungsu pasangan Pangeran Charles dan Putri Diana, Henry Charles Albert David, atau yang akrab disapa Harry, memang memiliki hubungan spesial dengan sang ibu.

    Terbukti setelah sepeninggalan sang ibu, ia pun turut aktif di sejumlah kegiatan amal yang dahulu digagas oleh atau menjadi perhatian ibunya. 

    Maka tidak heran pada momen paling bahagia dalam hidupnya, pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang mengundang perhatian dari jutaan orang di seluruh dunia, terdapat jejak-jejak Putri Diana di sejumlah detailnya.

    1. Cincin Tunangan 

    Seperti langkah yang diambil oleh Pangeran William saat melamar Kate Middleton dengan cincin Putri Diana, maka Harry juga melakukan hal yang serupa. Cincin yang ia gunakan untuk melamar terdiri dari tiga buah berlian.

    Satu buah berlian di tengah berasal dari Botswana, tempat yang spesial bagi mereka berdua, sementara dua berlian lainnya diambil Harry dari koleksi perhiasan mendiang Putri Diana.


    Baca Juga: 30 Fakta Royal Wedding Prince Harry dan Meghan Markle

    2. Hand-bouquet Meghan 

    Bunga forget-me-not yang turut menyusun buket Meghan merupakan bunga favorit Putri Diana, yang dipetik sendiri oleh Harry dari taman privat di Kensington Palace.

    Ia lalu memberikan bunga tersebut kepada Philippa Craddock untuk dimasukkan bersama bunga-bunga musim semi lainnya ke dalam buket tangan Meghan.

    Selain itu, bunga mawar putih, yang juga adalah bunga kesukaan Putri Diana, terlihat menghiasi dekorasi kapel St.George di dalam Windsor Castle.


    Baca juga: 10 Fakta Menarik Seputar Gaun Pernikahan Meghan Markle


    3. Kehadiran The Spencer Clan

    Harry memastikan seluruh saudara ibunya hadir pada pemberkatan dan resepsi pernikahannya. Ketiga saudara Putri Diana, Lady Jane Fellowes, Lady Sarah McCorquodale, dan Earl Charles Spencer seluruhnya hadir.

    Lebih dari itu, Satu-satunya prosesi reading yang terdapat pada upacara pernikahannya (biasanya terdapat dua sampai tiga prosesi reading), dilakukan oleh Lady Jane Fellowes.


    4. Veil Panjang

    Harper's Bazaar US juga mencatat bahwa veil Meghan yang sangat panjang mengingatkan akan veil panjang Putri Diana saat upacara pernikahannya dengan Pangeran Charles pada tahun 1981.




    5. Himne 

    Pangeran Harry terlihat sangat emosional saat himne Guide Me, O Thy Great Redeemer dinyanyikan. Pasalnya, himne yang sama juga dinyanyikan oleh paduan suara di upacara pemakaman ibunya 21 tahun yang lalu.



    6. Cincin Resepsi

    Selain bertukar gaun untuk hadir pada resepsi pernikahan yang digelar oleh Ratu Elizabeth, Meghan juga terlihat mengenakan perhiasan baru di jarinya.

    Cincin bertahta permata aquamarine tersebut merupakan milik Putri Diana yang dulu pernah ia kenakan di sebuah acara amal pada tahun 1993.



    7. Kado Pernikahan

    Harry dan Meghan meminta kepada para tamu undangan pernikahan mereka untuk menyumbang ke sejumlah badan amal sebagai kado pernikahan mereka.

    Dua dari daftar badan amal yang pilih pun merupakan kegiatan amal yang pernah menjadi fokus Putri Diana semasa hidupnya: memerangi HIV dan AIDS serta berjuang untuk para tuna wisma.


    (Foto: Dok. Instagram)