• Bride / News

    10 Fakta Menarik Seputar Gaun Pernikahan Meghan Markle


    10 Fakta Menarik Seputar Gaun Pernikahan Meghan Markle

    Mari melihat lebih dekat detail wedding dress serta aksesori sang Duchess of Sussex!


    Pernikahan Prince Harry dan Meghan Markle pada tanggal 19 Mei 2018 merupakan momen yang sangat dinantikan oleh masyarakat Inggris bahkan di dunia. Dan salah satu sorotan utamanya adalah tampilan gaun sang pengantin.

    Dari keputusan Meghan memilih sosok desainer sebagai perancang the Royal Wedding dress hingga estimasi harga, simak berikut fakta menariknya:

    1. Dirancang oleh Clare Waight Keller


    Ia merupakan creative director perempuan pertama untuk rumah mode Givenchy. Selain sanggup memberi suguhan estetis, Meghan juga ingin mengangkat kesuksesan female British talent itu yang sebelumnya telah menjadi kepala kreatif untuk label mode Pringe of Scotland dan Chloe, dan juga sosok seorang ibu. 

    Adapun pernyataan resmi dari Kensington Palace:

    "Meghan dan Clare bekerja sama pada rancangan desain. Gaun ini melambangkan keanggunan bersahaja yang merupakan imaji ikonis dari rumah mode Givenchy dan juga menampilkan keahlian craftmanship yang sudah didirikan sejak tahun 1952."

    Dan ternyata, Pangeran Harry pun sangat menyukai gaun itu dan mengucapkan terima kasih langsung kepada sang desainer. "Oh my God, thank you, she looks absolutely stunning,” ujarnya.


    2. Referensi

    Dalam sebuah wawancara pada Maret 2016, Meghan menggambarkan gaun minimalis Carolyn Bessette Kennedy, yang dikenakan pada tahun 1995 ketika ia menikahi John F. Kennedy Jr., sebagai ‘everything goals’. Busana tersebut berupa slip dress dari sutra satin rancangan Narciso Rodriguez. Desainnya simpel, polos tanpa ornamen, namun sangat chic. Ini jelas menjadi acuan untuk apa yang dia pilih di hari pernikahannya.



    3. Desain yang Klasik dan Serba Minimal



    Graceful and timeless! Meghan memilih potongan sculpted waist bersama bateau neck atau disebut juga Sabrina neckline, yakni garis leher lebar yang membentang secara horizontal, depan dan belakang, Terdapat juga enam jahitan paripurna tersembunyi yang membentuk siluet sang gaun secara menawan.


    4. Material

    Menggunakan bahan silk cady, yakni sutra berlapis-lapis yang seringkali digunakan untuk rancangan adibusana dan gaun malam. 


    5. Estimated Cost

    Menurut ABC Finance, harga the Royal Wedding dress diperkirakan senilai £387,000, melebihi biaya gaun kakak iparnya, Kate Middleton! 


    6. Proses Pengerjaan

    Para dressmakers menghabiskan waktu ratusan jam untuk menjahit gaun itu dan mereka diwajibkan mencuci tangan setiap 30 menit agar warna tulle dan benang tetap pristine.
    "Seiiring waktu, telapak tangan akan menimbulkan minyak yang berasal dari keringat, yakni ketika Anda mengerjakan sesuatu yang pure white, Anda harus menjaganya untuk tetap bersih " ujar Clare.

    7. The Silk Tulle Veil



    Sepanjang 5 meter, kerudung itu adalah hand-embroidery dengan bunga dari semua 53 negara di Commonwealth.


    8. Tiara


    Meghan mengenakan Diamond Bandeau milik Queen Mary, yang dipinjamkan kepadanya oleh Ratu Elizabeth II. Bubuhan berlian dalam rona platinum, dibuat pada tahun 1932 dengan detachable brooch yang terbuat oleh sepuluh berlian yang berasal dari tahun 1893.

    Berlian tersebut yakni merupakan hadiah untuk Princess Mary pada tahun 1893 oleh County of Lincoln pada pernikahannya dengan Pangeran George, Duke of York, yang akan menjadi Raja George V. Sedangkan bandeau dan bros diwariskan oleh Ratu Mary untuk Ratu Elizabeth II pada tahun 1953.


    9. Jewelries from Cartier



    Tak tertinggal, perhiasan berlian turut hadir sebagai pemanis dan penunjang gaya tampilan Meghan. Ia memilih anting dari koleksi Galanterie de Cartier dan gelang mewah dari Reflection de Cartier collection, keduanya dalam lapisan 18 carat white gold

    Dikabarkan bahwa harga gelang tersebut adalah $155,000. 


    10. Wedding Shoes


    Clare juga merancang alas kaki untuk Meghan dari bahan silk duchess satin yakni berpenampilan minimalis yang senada dengan sang gaun. 


    (Foto: Courtesy of Cartier, Givenchy, Harper's Bazaar US, Telegraph UK)