Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pentingnya Perencanaan Kehamilan bagi Perempuan

Karena penting bagi kaum perempuan untuk memiliki keputusan penuh atas kesehatan reproduksinya.

Pentingnya Perencanaan Kehamilan bagi Perempuan

Di era modern seperti saat ini, mayoritas kaum perempuan telah menyadari pentingnya pendidikan, memiliki karier yang cemerlang, mandiri secara finansial, memiliki aspirasi untuk berkembang, serta mampu untuk mengaktualisasi potensi diri.

Namun sayangnya, pada realitanya masih banyak sekali perempuan yang tidak memiliki kebebasan penuh dalam menentukan sendiri usia menikah, jarak antara kelahiran, maupun keputusan untuk memiliki berapa banyak anak (atau bahkan tidak sama sekali).


Adanya stereotype, mitos, dan kultur sosial di Indonesia yang membelenggu kaum perempuan merupakan faktor yang memengaruhi keputusan-keputusan yang berkaitan dengan tubuh mereka sendiri, terutama kesehatan reproduksi.

Sejatinya, setiap perempuan perlu menyadari haknya untuk menentukan segala keputusan terkait dengan diri dan tubuhnya sendiri dengan perencanaan yang matang. Karena hal tersebut membawa dampak tersendiri pada kesehatan secara umum, dan juga kesejahteraan psikologis perempuan dalam menjalani setiap peran maupun tugasnya sepanjang hidupnya.

Demi menjawab permasalahan ini, kontrasepsi Andalan melansir sebuah situs yakni moth3rs.com, yang menjadi sebuah platform untuk membantu para perempuan di Indonesia agar memiliki perencanaan kehamilan yang efektif dan efisien.

Acara peluncuran situs moth3rs.com diramaikan oleh kehadiran drg. Widwiono, M.Kes sebagai Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN, psikolog Febria Indra Hastati, M.Psi, Norina Veronica selaku Product Manager Kontrasepsi Andalan, dan dr. Dinda Derdameisya Sp.OG dari Brawijaya Healthcare.


Dalam situs ini, sederet tip dan trik disuguhkan untuk memberikan inspirasi tentang perencanaan keluarga. Adapun perencanaan yang dibahas tak melulu seputar kehamilan saja, namun juga mengenai gaya hidup, destinasi liburan impian, perencanaan finansial, hingga masalah karier dan pendidikan yang ingin dicapai.

Selain itu, melalui situs moth3rs.com, perempuan juga dapat mempelajari tentang perencanaan pilihan kontrasepsi modern yang sesuai dengan kenyamanan dan kepribadiannya. Memiliki pengetahuan yang mantap akan pilihan kontrasepsi merupakan hal yang sangat penting sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis kontrasepsi tertentu.

Karena pada hakikatnya, setiap perempuan memiliki hak penuh atas tubuhnya sendiri. Begitupula dengan perencanaan kehamilan yang dikehendakinya.


(Foto: courtesy of moth3rs.com, Kaspars Grinvalds©123RF.com, puhhha©123RF.com)