• Culture / News

    Koleksi Batik Kartini Muljadi


    Koleksi Batik Kartini Muljadi

    Sosok pakar hukum yang mempunyai rasa cinta mendalam terhadap seni Batik Indonesia.


    Bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-87 beberapa waktu lalu, Kartini Muljadi menuangkan kecintaanya terhadap Batik nusantara dalam bentuk buku yang bertajuk Batik Indonesia, Sepilihan Koleksi Batik Kartini Muljadi.

    Sosok yang dikenal sebagai pakar hukum senior Indonesia ini memiliki perhatian dan ketertarikan yang dalam terhadap budaya warisan anak bangsa tersebut, apalagi ketika seni batik Indonesia diakui oleh UNESCO sebagai Intangible Cultural Heritage Indonesia.





    Butuh waktu tiga tahun untuk mewujudkan buku ini, dengan harapan agar dapat digunakan sebagai pedoman seni batik Indonesia dan juga mendorong generasi penerus bangsa untuk mengembangkan dan melestarikan seni batik tersebut.

    Selain menceritakan perjalanan sebuah kain batik dari bentangan kain mori hingga menjadi batik nan indah, buku ini juga menceritakan perjalanan hidup sang kolektor, bagaimana waktu mempengaruhi hasil akhir batik, seperti pengaruh pergantian zaman dari pendudukan Belanda hingga Jepang.




    Termasuk juga menceritakan pola batik dari geometris, non-geometris, pola semen, hingga pola flora-fauna yang sangat kaya akan warna.

    Terdapat tiga kelompok batik yang menjadi koleksi sang kolektor di dalam buku ini, yakni batik Iwan Tirta, batik pesisiran, dan batik Solo yang masing-masing menggambarkan ciri batik yang unik.

    Kartini Muljadi akan menyumbangkan buku ini kepada beberapa lembaga pendidikan, universitas ternama juga sekolah mode.



    (Foto: courtesy of Kartini Muljadi, dok. Bazaar)





- RELATED ARTICLE -



- MORE STORIES -