Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Anda Telah Menyimpan Parfum dengan Benar?

Waspadai rusaknya aroma parfum Anda.

Apakah Anda Telah Menyimpan Parfum dengan Benar?

Mengingat parfum tidak memiliki tanggal kadaluarsa seperti makanan atau produk kecantikan lainnya, mungkin Anda sempat berpikir bahwa parfum tidak dapat rusak.

Sayangnya pola pikir ini salah. Bahkan keinginan untuk memamerkan parfum Anda dalam botol transparan cantik ternyata dapat membahayakan kualitas produk wewangian tersebut. 

Bazaar UK mewawancara Fragrance Direct yang memaparkan cara untuk menyimpan parfum Anda agar tahan lama. 

"Sayangnya, cahaya matahari langsung ternyata dapat menurunkan kualitas parfum," ujar spokeperson dari Fragrance Direct. Rupanya panas yang berasal dari cahaya matahari bisa merusak ikatan kimia yang membuat parfum mengeluarkan aromanya. 

Bahkan jika parfum terkena panas yang rendah dalam jangka panjang tetap bisa merusak parfum.

Salah satu cara untuk menjaga kualitas parfum adalah menaruhnya dalam kemasan gelap. Atau jika kemasan asli parfum Anda dalam botol berwarna gelap hal ini lebih baik lagi. Karena parfum yang ditaruh dalam botol berwarna gelap akan membantu aroma parfum lebih awet. 

Jauhkan juga parfum Anda dari jendela atau radiator. Jika Anda biasa menaruh parfum di kamar mandi, resiko parfum Anda untuk rusak juga semakin besar. Karena uap mandi air panas bisa merusak parfum Anda. 

Tempat terbaik untuk menaruh botol parfum adalah di ruang tidur atau di area yang temperaturnya konsisten dan kering. 

Selain itu jangan biarkan tutup botol parfum Anda terbuka terlalu lama atau sering. Interaksi parfum dengan udara bisa menyembabkan oksidasi yang mungkin memicu terjadinya perubahan aroma. 

Jadi, sudahkah Anda menyimpan parfum Anda dengan benar? 


(Foto: Getty Images)