• Culture / Tips

    Tips Memilih Hunian Airbnb


    Tips Memilih Hunian Airbnb

    Simak jurus jitu tim Bazaar dalam memilih tempat tinggal saat berlibur di luar kota atau luar negeri.


    Anda tentu sudah familiar dengan istilah Airbnb, sebuah online marketplace untuk menyewa hunian alternatif selain hotel. Tak dapat dipungkiri, aplikasi maupun website Airbnb sangat membantu tim Bazaar jika sedang berpelesir ke luar kota. Namun, tidak sedikit juga dari kami yang sempat salah memilih hunian. Entah dari lokasi yang ternyata jauh dari tujuan berlibur, atau bentuk ruangan yang tidak sesuai ekspektasi.

    Untuk meminimalisir rasa kecewa Anda akan hunian yang tidak sesuai keinginan, Bazaar memiliki 10 tips penting akan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memesan Airbnb.


    1. Tentukan kebutuhan ruangan

    Setelah menentukan lokasi tujuan dan lama tinggal, Anda harus memikirkan kebutuhan ruangan untuk mengakomodasi waktu beristirahat di tempat tujuan. Tentunya, ruangan saat bepergian dengan keluarga atau teman dengan solo traveling akan sangat berbeda.

    Anda bisa memilih untuk menyewa sebuah rumah atau apartemen untuk pribadi (entire home), menyewa satu ruangan dalam sebuah properti (private room), atau berbagi ruang kamar dengan turis lain (shared room) yang biasanya menggunakan ranjang bunk bed.




    2. Tentukan budget

    Setelah mengetahui kebutuhan ruangan selama berlibur, hal yang selanjutnya harus dipikirkan adalah budget. Bukan hanya budget untuk berlibur, namun juga untuk lokasi tempat tinggal. Untungnya, di aplikasi maupun website Airbnb Anda bisa dengan mudah menentukan tempat tinggal yang sesuai kantong. Hanya dengan menggeser titik di atas garis hijau, Anda sudah bisa menemukan rumah yang paling tepat.




    Selain menggunakan menu di bagian kiri atas, Anda juga bisa menilik kolom peta di sebelah kanan untuk memilih rumah sesuai budget yang tersedia. Namun jangan gegabah dalam memilih, karena beberapa poin di bawah ini juga tidak kalah pentingnya.




    3. Kenali kendaraan utama di kota tujuan

    Menurut Bazaar, poin inilah yang harus Anda perhatikan pertama kali. Berbeda kisahnya, jika sejak awal Anda sudah memutuskan untuk menggunakan mobil sewaan atau jasa Uber selama bepergian. Jika tidak, Anda wajib memantau terlebih dahulu lokasi terdekat untuk mendapatkan kendaraan umum, terlebih jika sedang berpelesir ke luar negeri. 


    4. Perhatikan lokasi rumah

    Setelah mengetahui transportasi utama yang digunakan di kota atau negara yang dituju, Anda harus menemukan rumah yang paling dekat dengan stasiun atau tempat menunggu kendaraan umum tersebut. Perhatikan tab lokasi yang ada di dalam website atau aplikasi.




    Setelah melakukan klik pada satu properti, scroll down untuk memastikan lokasi dengan peta yang lebih dekat. Anda bisa memilih option untuk hanya melihat transportasi umum yang tersedia di sekitar hunian. Sehingga akan lebih mudah karena konsentrasi tidak terganggu dengan garis-garis lain pada peta.




    Poin ini cukup krusial, bayangkan jika Anda harus menarik koper melalui jalanan yang belum Anda kenal sebelumnya. Selain melelahkan, resiko tersasar pasti selalu ada. Untuk mengirit tenaga saat berlibur, sebaiknya kurangi jarak tempuh antara tempat menunggu kendaraan umum ke hunian Anda.


    5. Cek keadaan dan peraturan ruangan

    Setelah yakin dengan lokasi, barulah saatnya Anda memperhatikan keadaan kamar. Perhatikan dengan jelas foto-foto yang dipasang para host. Setelah itu, jangan lupa melakukan scroll down untuk memastikan ketersediaan wifi, jumlah tempat tidur, jumlah kamar mandi, ketersediaan lift di dalam gedung, waktu check-in dan check-out, house rules, serta cancellation rules.






    6. Perhatikan review

    Untuk semakin meyakinkan diri akan pilihan hunian, cek review yang tersedia di bagian bawah halaman. Di bagian tersebut, Anda bisa melihat ulasan dari pengguna ruangan sebelumnya, Fakta-fakta yang tak dituliskan host, seperti kebersihan ruangan, tingkat keempukan kasur, dan kenyataan jauh atau dekatnya lokasi dapat Anda temukan di sana




    7. Cek email untuk memastikan konfirmasi booking dan mengunduh panduan dari airport hingga lokasi

    Setelah setuju dengan harga total yang ditambahkan dengan cleaning fee, selesaikan proses booking. Selanjutnya, Anda bisa memeriksa alamat email karena host akan mengirimkan rincian penginapan. Termasuk di dalamnya, petunjuk dan transportasi yang dapat digunakan dari bandara hingga sampai ke hunian pilihan Anda.


    8. Baca buku panduan di dalam ruangan

    Setelah sampai, biasanya di dalam ruangan host sudah menyiapkan buku panduan untuk menggunakan alat elektronik bahkan hingga cara membuang sampah. Perhatikan panduan ini agar Anda tidak melakukan kesalahan saat mengoperasikan barang-barang di dalam kamar.


    9. Tinggalkan ruangan dalam keadaan bersih

    Sebelum meninggalkan hunian, jangan lupa membersihkan ruangan dan membuang sampah. Hal ini akan mempengaruhi review dari host untuk Anda yang dapat dilihat oleh host lain saat Anda kembali ingin menggunakan Airbnb.


    10. Memberi review

    Seperti yang Anda tahu, ulasan di halaman Airbnb cukup penting untuk para traveler yang ingin berlibur. Jadi, tak ada salahnya membantu mereka dengan memberikan kesan Anda setelah mencoba salah satu properti.


    Selamat mencoba!


    Foto: Breadmaker/ Shutterstock/ Clickphotos