Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Misteri Gaun Putih Marilyn Monroe

Film The Seven-Year Itch membawa pertanyaan tentang dimana gaun putih ikonis Marilyn Monroe kini berada.

Misteri Gaun Putih Marilyn Monroe
Marilyn Monroe

Film The Seven-Year Itch membawa pertanyaan tentang dimana gaun putih ikonis Marilyn Monroe kini berada.

Tampak seorang perempuan berdiri sembari menunggu kereta di sebuah stasiun kereta bawah tanah di kota New York. Tak lama, kereta pun datang dan gaun putih sang perempuan tertiup laju angin yang berembus.

Cerita di atas adalah sepenggal adegan dari film ikonis yang dibintangi Marilyn Monroe di tahun 1955 silam, The Seven-Year Itch.

Namun ada hal lain yang ternyata tidak lepas dari ingatan, yaitu gaun putih yang dikenakan Marilyn Monroe pada adegan tersebut. William Travilla, perancang busana yang mendesain gaun putih ikonis ini, menyebutnya 'that silly little dress'.

Travilla tidak hanya mendesain gaun untuk film ini saja, namun sejumlah busana lain yang kerap dikenakan oleh Marilyn Monroe.

Puluhan tahun berlalu hingga tahun 1990 saat sang desainer tutup usia, sketsa asli 'that silly little dress' terjual seharga $50,000.

Lalu, dimana gaun putih tersebut kini berada? Aktris yang juga kolektor memorabilia film, Debbie Reynolds membelinya seharga $200 pada tahun 1971. “Warnanya kini menguning karena usianya sudah sangat tua”, jelas Debbie pada Oprah Winfrey.

Juni 2011 lalu, Debbie melelang sejumlah koleksinya termasuk gaun putih Marilyn Monroe yang terjual hingga $5,52 juta pada seseorang via telepon. Ini adalah lelang kostum dengan nominal tertinggi sepanjang sejarah perfilman dan nama pembelinya masih dirahasiakan.

Namun sebagian besar publik sempat melihat presentasi gaun ikonis tersebut saat pameran Hollywood Costume berlangsung pada Oktober 2012 yang lalu di Victoria and Albert Museum, London.

 

(Bungbung Mangaraja. Foto: Lucian Milasan/ Shutterstock/ Clickphotos)