Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hindari Back Acne di Punggung

Hindari Back Acne di Punggung

Jerawat punggung merupakan masalah yang serupa dengan jerawat di wajah, salah satu penyebabnya terjadi infeksi akibat kerja bakteri di dalam pori-pori yang tersumbat minyak dan kotoran. Namun sekalinya jerawat di punggung timbul, cara menanganinya akan lebih sulit karena kulit punggung yang lebih tebal dibandingkan kulit wajah. Lalu bagaimana caranya agar Anda terhibdar dari jerawat punggung?


1. Perhatian ekstra saat mandi
Dengan memiliki masalah ini, ada baiknya jika Anda menggunakan sabun antibakteri dan juga spons penggosok bertongkat untuk bagian punggung. Jika jerawat tidak meradang atau masih dalam kategori ringan, ada baiknya diimbangi dengan penggunaan scrub seminggu sekali.

2. Hindari pemakaian kondisioner
Kondisioner memiliki kandungan pelembap yang tinggi, sehingga masalah jerawat punggung kemungkinan terjadi pada Anda yang berambut panjang. Jika Anda tetap ingin menggunakan kondisioner kerena memiliki jenis rambut kering, sebaiknya menggunakan kondisiner terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan membilas tubuh dengan sabun.

3. Bahan pakaian
Hindari penggunaan bahan pakaian yang sulit menyerap keringat dan pakaian ketat yang tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga memicu  jerawat akibat bakteri yang tercampur dengan sel kulit mati dan keringat. Lebih baik rutin mengganti pakaian, terutama pakaian yang lembap sehabis beraktivitas atau berolahraga. 

4. Hindari pelembut atau pewangi pakaian
Pelembut atau pewangi pakaian mengandung beberapa bahan yang tidak baik untuk kulit sensitif. Oleh karena itu, penggunaan pelembut pakaian tidak disarankan untuk Anda yang memiliki masalah ini. Baiknya cukup gunakan deterjen saja.

5. Tetap memperhatikan makanan
Sama juga halnya dengan masalah jerawat di wajah, makanan juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Hindari dahulu makanan yang kaya akan lemak seperti susu, telur, makanan cepat saji, dan makanan berminyak. Perbanyaklah makan makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan buah, ditambah dengan mengurangi konsumsi kafein dan alkohol.

(Teks: Gayatri Puspita. Foto: Dok.Bazaar)