Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

KUBA, DESTINASI PETUALANG SEJATI

KUBA, DESTINASI PETUALANG SEJATI
Pemandangan Kuba di sore hari

Saat menyebut Kuba sebagai tempat wisata, jangan dulu membayangkan ketegangan politik yang sempat merajalela. Karena di bagian timur sampai selatannya, surga dengan imaji pantai nan eksotis maupun petualangan alam liar yang memicu adrenalin siap menanti Anda. Perjalanan Anda bisa dimulai dari Isla de la Juventud yang kerap disebut-sebut sebagai permata lautan di sana. Berhubung di sana banyak terdapat pulau tak berpenghuni, Anda pun bisa puas berenang bersama lumba-lumba ataupun mengarungi selat menuju Cayo Guillermo untuk melihat langsung flamingo yang berhabitat di sana. Bagi pecinta hidangan seafood, aktivitas memancing ikan jenis marlin dan sailfish menawarkan tantangan tersendiri.

Jika Anda mendambakan aktivitas yang lebih ekstrim lagi, cobalah untuk melakoni scuba diving di Playa Santa Lucia. Tempat ini terkenal lantaran bangkai kapal karam yang menjadi misteri di sini, dan fakta bahwa hiu jenis bull shark tak jarang kedapatan sedang mengitari kapal tersebut. Berlayar lebih ke timur lagi, Anda akan dibuat terpesona oleh Gardens of the Queen dengan beraneka ragam biota laut yang sering dielu-elukan keindahannya. Situs tersebut dikenal sebagai spot menyelam terbaik di Kuba.

Satu lagi tawaran terbaik Kuba yang sebaiknya pantang Anda tolak adalah berpetualang ke Viñales Valley dan mencoba trekking, hiking dan rock climbing di barisan bukitnya yang biasa disapa dengan sebutan mogote. Area rural ini juga menyediakan infrastruktur memadai untuk Anda yang ingin melewatkan waktu santai dengan menunggang kuda. Sebagai catatan, Anda bisa mencapai Kuba dengan menggunakan maskapai AirFrance yang berangkat dari bandara Soekarno-Hatta. Setelah melewati dua pemberhentian, yakni Schiphol Airport di Amsterdam dan Charles de Gaulle di Paris. Sesampainya di airport Havana, biarkan layanan private tour dari Esencia Experiences yang mengatur segalanya untuk Anda.

(MELUR PINILIH, FOTO: ESENCIA EXPERIENCES)