Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pameran Seni di Showroom Ambiente, Jakarta

Kali ini Ambiente menampilkan lukisan dan fotografi bergaya kontemporer hasil karya enam seniman wanita.

Pameran Seni di Showroom Ambiente, Jakarta

Tetap Terang / Always Bright, sebuah tajuk yang dipersembahkan showroom Ambiente dan Indonesian Luxury sebagai wujud apresiasi kepada para perempuan dalam dunia art. Judul tersebut yakni terinspirasi dari kumpulan surat-surat R.A. Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang.

Berkolaborasi dengan ISA Art Advisory dan Can’s Gallery, sebanyak enam seniwati kontemporer tersohor, yakni Arahmaiani, Ines Katamso, Natisa Jones, Natasha Lubis, Sally Smart, dan Sinta Tantra, dipilih untuk menuangkan kreativitas serta menunjukkan suara mereka dalam wujud lukis maupun foto.

Pameran tersebut bertujuan ingin mengingatkan bahwa perempuan juga memiliki kontribusi besar dalam contemporary art.


Keragaman latar belakang para seniman itu menghasilkan suasana yang unik pada setiap area showroom. Seperti Ines Katamso yang berdarah Indonesia-Prancis suguhkan sejumlah wall art menawan berkat kolaborasi dua budaya.



Lalu pergabungan palet vibran bertitel Silent Rainbow karya Arahmaiani, yang seakan berbicara tentang isu sosial, agama, ataupun budaya. Ia merupakan salah satu pelopor dalam perkembangan performance art di Indonesia dan Asia Tenggara sejak tahun ’80-an, dan ia juga seorang aktivis asal Bandung yang telah merintis ke Tibet, Jerman, dan India.




Kemudian, seniman asal Bali, Sinta Tantra yang telah sukses berkarya di Inggris, menampilkan desain architectural ke dalam lukisan yang terinspirasi dari budaya Tanah Airnya.



Sedangkan pelukis Natisa Jones yang lahir dari keluarga Jawa dan Kanada, menjadikan fine art sebagai medium untuk mendokumentasikan cerita hariannya.


Seorang seniman ternama asal Australia, Sally Smart, yang telah melebarkan sayapnya di kota Yogyakarta, mengutarakan pendapatnya tentang politik dan sejarah ke dalam figur yang ia sebut The Exsquisite Pirate.



Karya visual kreasi Natasha Lubis menunjukkan imaji yang kaya akan nuansa fantasy dan phantasmagoria. Dengan memasukkan kultur pop dan gagasan romantisme ke dalamnya.

Menarik, bukan? Anda dapat melihat pameran seni ini yang berlangsung sampai dengan 12 Mei 2018 di Jl. Senopati No. 70, Jakarta.


(Foto: Michelle Othman & Courtesy of Casa Indonesia)