• Beauty / Tips

    Solusi dan Produk Perawatan untuk Rambut Bercabang


    Solusi dan Produk Perawatan untuk Rambut Bercabang

    Siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada ujung-ujung rambut yang terbelah dan pecah-pecah?


    Senang mewarnai rambut atau menatanya dengan hair dryer? Ternyata, rutinitas tersebut sangat berpotensi menyebabkan helaiannya bercabang selain juga proses bleaching maupun perming yang membuat rambut Anda cenderung lebih rentan mengalami kerapuhan.

    Untuk menyiasatinya, imbangi dengan perawatan tepat dan jangan lupa mencatat sejumlah produk ampuh pilihan Bazaar berikut!


    1. Sempatkan untuk trimming secara berkala

    Sebisa mungkin, pangkaslah ujung-ujung rambut setidaknya setiap 6 hingga 8 minggu sekali agar helaiannya tak lagi bercabang sekaligus terlihat lebih cantik dan sehat. Tidak hanya itu, pastikan pula bahwa gunting yang dipakai untuk memotongnya cukup tajam sehingga tak menjadikannya semakin bercabang. 


    2. Gunakan produk perawatan yang sesuai

    Segera setelah mencuci rambut seperti biasanya, oleskan conditioner dengan formulasi protein yang secara efektif sanggup meresap ke dalam serat-serat rambut sehingga mampu membantu menanggulangi masalah rambut bercabang. Untuk hasil maksimal, tentu saja Anda harus mengenakannya secara teratur.

    Rekomendasi Bazaar: Davines Nounou Conditioner for Colour Treated Hair, 399.000 rupiah.


    3. Jangan mengeringkan rambut dengan memakai handuk

    Menggosok-gosokkan handuk pada rambut yang masih basah dikhawatirkan akan merusak kutikulanya. Namun jika Anda masih sulit untuk meninggalkan kebiasaan tersebut, upayakan sedemikian rupa untuk melakukannya secara lembut dan perlahan-lahan.  

    Baca juga: Alopecia: Masalah Rambut yang Perlu Segera Diatasi


    4. Pakai produk pelindung panas sebelum menata rambut dengan suhu tinggi

    Proses hairstyling dengan menggunakan sistem blow dry maupun flat iron terbukti dapat mengakibatkan terkikisnya lapisan pelindung rambut sehingga menyebabkan helaiannya tampak terkoyak dan kurang sedap dipandang. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengaplikasikan heat protectant pada permukaan rambut sebelum menatanya dengan catokan ataupun pengering rambut.

    Rekomendasi Bazaar: Oscar Blandi Pronto Dry Styling Heat Protect Spray, 345.000 rupiah



    5. Lindungi rambut dari tekanan cuaca

    Rambut bercabang dapat terjadi karena suhu yang terlalu ekstrem, misalnya saja hawa terlalu panas ataupun terlampau dingin. Jika Anda hendak beraktivitas di luar ruangan, kenakan topi ataupun penutup kepala serta usapkan produk yang mengandung tabir surya sebagai proteksi lebih lanjut dari efek buruk sinar UV.  

    Baca juga: Trik Siasati Rambut Tipis Agar Tampak Lebih Tebal


    (Foto: puhhha©123rf.com)