Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pentingnya Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, ritual makan pagi justru bisa membuat bobot tubuh menyusut.

Pentingnya Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Kebanyakan orang mungkin masih berpikir bahwa menghindari sarapan berarti baik untuk mempertahankan bentuk tubuh agar tetap ideal. Well, guess what? Hal itu boleh jadi salah besar. Menurut Milton Stokes, RD, MPH, yang menjabat sebagai pimpinan program diet untuk St. Barnabas Hospital di New York City, mereka yang tidak membiasakan makan pagi malah akan gagal menjaga bobot tubuhnya.

Dilema ini disebabkan karena potensi rasa lapar yang menjadi-jadi saat siangnya sehingga mengakibatkan keinginan untuk mencamil kudapan terus-terusan dan makan dengan porsi berlebih. 

Elisabetta Politi, RD, MPH, dari Duke Diet & Fitness Center di Duke University Medical School menjelaskan bahwa saat Anda mencoret sarapan dari agenda sehari-hari, tubuh terpaksa berpuasa setidaknya selama 15 jam sehingga enzim untuk metabolisme lemak otomatis tidak diproduksi.

Tentu saja, menu makan pagi yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin meliputi buah-buahan, sayur, serta whole grains. Karakternya yang kaya serat membuat Anda kenyang tanpa menambah lapisan lemak dalam tubuh. Sebagai contoh, Anda dapat membuat semangkuk oatmeal dengan potongan buah beri lengkap dengan low-fat yogurt yang tak hanya praktis untuk disiapkan namun juga sehat. 

Let’s eat breakfast like a king


(Foto: casanisa/Shutterstock.com)