• Culture / News

    Wisata Sosial di Flores


    Wisata Sosial di Flores

    Menikmati opsi perjalanan wisata dengan cara yang berbeda.


    Untuk pertama kalinya di Indonesia, berdiri sebuah biro perjalanan berbasis sosial bernama Travel Sparks. Layanan wisata yang ditawarkan membuat para wisatawan bisa mengatur itinerary sesuai preferensi mereka pribadi, yang digabungkan dengan berbagai aktivitas voluntering, melahirkan konsep yang disebut Voluntourism.

    Membawa misi sosial untuk meningkatkan literasi dan perekonomian masyarakat di Indonesia Timur, Travel Sparks memiliki fokus destinasi yakni kawasan Flores, termasuk Pulau Komodo dan sekitarnya.

    Para wisatawan yang ikut biro perjalanan ini dapat melakukan berbagai kegiatan sosial di Taman Bacaan Pelangi, perpustakaan anak-anak yang berdiri di berbagai pelosok daerah. Wisatawan bisa ikut menyumbangkan buku bacaan hingga mengajari membaca dan membuat prakarya. Selain itu seluruh profit yang didapatkan Travel Sparks akan didonasikan untuk Taman Bacaan Pelangi. Di sisi lain, Travel Sparks juga memberdayakan masyarakat lokal. Semua yang terlibat dalam perjalanan ini adalah orang-orang lokal, seperti pemandu wisata, diving instructor, penyewaan mobil, dan lain sebagainya.

    (Daniar Cikita. Foto: Courtesy of Travel Sparks)




- RELATED ARTICLE -