• 11 Alasan Menonton Drama Korea Descendants of the Sun

    Culture / News


    11 Alasan Menonton Drama Korea Descendants of the Sun

    Temukan alasan menarik mengapa Anda harus menonton drama Korea fenomenal satu ini.


    Bagi Anda para pencinta K-drama tentu sudah tidak asing mendengar kehebohan seri Descendants of the Sun (DOTS) yang tidak hanya populer di negara asalnya. Drama ini telah mencuri perhatian dunia sejak episode pertama ditayangkan 24 Februari lalu.

    Tapi tentu banyak orang yang tidak menyangka drama berlatar kisah patriotisme ini bisa menyentuh banyak lapisan masyarakat termasuk orang-orang yang awalnya tidak menyukai drama Korea. Kali ini, Bazaar akan memberi 11 alasan mengapa drama DOTS patut masuk ke daftar serial yang wajib Anda saksikan.

     

    1. Pemeran Utama

    Anda mungkin beranggapan drama ini terlalu sempurna. Melihat pemain utamanya Song Joong Ki masuk dalam daftar ulzzang (wajah terbaik) dan Song Hye Kyo sebagai top actress Korea selama 10 tahun. Tapi penampilan sempurna ini dibarengi kemampuan berakting mengesankan.

    Selain memuji chemistry keduanya sejak awal cerita, DOTS juga menjadi tempat comeback keduanya setelah Song Joong Ki melaksanakan wajib militer selama dua tahun dan Song Hye Kyo menjalani drama terakhirnya tiga tahun lalu.

     

    2. Pemeran Pembantu

    Selain pilihan pemeran utama terbaik, beberapa aktor juga muncul sebagai cameo di drama ini seperti ketua grup Shinee, Onew, Lee Kwang Soo, dan Yoo Ah In.

     

    3. Plot

    DOTS dianggap memiliki plot cerita yang segar. Penulisnya, Kim Eun Sook telah menulis drama hits lain seperti The Heirs dan Secret Garden. Kali ini, cerita Eun Sook tidak melibatkan cinta segitiga dan mengurangi konflik picisan.

    DOTS juga menceritakan tentang terjadinya love at first sight yang jarang terjadi dalam drama Korea. Ceritanya dianggap lebih dewasa sehingga cocok untuk penonton dengan latar belakang apapun.

     

    4. Pre-produced Drama

    Banyak seri Korea yang diproduksi berbarengan dengan waktu penayangan untuk melihat masukan penonton. Hal ini akan membuat scriptwriter bisa mengubah akhir cerita sesuai keinginan penonton sehingga rating drama semakin tinggi.

    Produksi seperti ini juga mempengaruhi keinginan aktor untuk menerima atau menolak bermain dalam suatu drama. Namun DOTS dibuat dengan sistem pre-produced. Proses shooting telah berakhir delapan bulan lalu sehingga tidak memungkinkan adanya pergantian cerita, yang membuat beberapa aktor besar Korea sempat menolak bermain dalam seri ini.

     

    5. Lokasi pengambilan gambar

    Untuk Anda yang bosan dengan setting lokasi perkotaan, tentu bisa menikmati K-drama satu ini karena selain di Korea, produksinya dilakukan di Yunani tepatnya di Zakynthos, Arachova, dan Lemnos yang menunjukkan latar natural seperti gunung dan laut.

     

    6. Efek Realistis

    Dilansir membutuhkan biaya 13 miliar won atau sekitar 10.8 juta dolar, drama ini akan memanjakan mata Anda dengan setting perang realistis dan efek memukau yang sulit didapatkan dalam sebuah serial.

     

    7. Musik

    Selain dramanya sendiri, soundtrack yang digunakan dalam DOTS juga menjadi hits di Korea. Sembilan di antaranya masuk menjadi top 10 list mengalahkan lagu-lagu boy dan girl band.

     

    8. Patriotisme

    DOTS memberi informasi lebih tentang kehidupan tentara yang begitu keras untuk membela negara, sehingga disebut sebagai drama yang bisa meningkatkan solidaritas dan nasionalisme penontonnya.

     

    9. Kisah Percintaan

    Drama Korea pastinya tidak terlepas dari cheesy moment. Namun di drama ini, Anda akan menyaksikan tingkah cheesy ala tentara dan dokter. Seperti Song Joong Ki yang menggunakan bidikan senapannya dan Song Hye Kyo dengan stetoskop untuk stalking.

     

    10. Rating Tertinggi

    Drama DOTS telah memecahkan rekor dengan mencuri perhatian begitu banyak warga Korea dan mendapatkan rating sekitar 20% pada tiga episode pertama kemudian mencapai 30% setelah episode lainnya tayang.

     

    11. Populer

    Sebelum mencapai episode terakhirnya, drama ini telah diekspor ke 32 negara dan dialih bahasa ke 33 subtitle berbeda. So, everyone else is basically watching it.

     

    Jadi, akankah Anda ikut menyaksikan drama ini?

     

    (Verra Kusumamenggala. Foto: Courtesy of KBS)




- RELATED ARTICLE -