• Penyebab Anda Sulit Terlelap

    Beauty / Tips


    Penyebab Anda Sulit Terlelap


    Mengaku insomnia? Mungkin Anda perlu menghindari kegiatan berikut, sebelum tidur di malam hari.

    - Waktu Mengonsumsi Protein Dekat Jam Tidur
    Boleh saja diet karbo lalu hanya mengandalkan protein sebagai sumber energi di malam hari. Namun ternyata apabila Anda makan protein mendekati waktu tidur, sistem di dalam tubuh sedang bekerja keras. Untuk apa? Rupanya  mereka memerlukan energi lebih ketika sedang mencerna protein, lalu terjadilah overdrive di dalam tubuh, sehingga Anda tidak bisa tidur degan rileks. Baiknya makan protein dua jam sebelum tidur.

    - Tidur Dalam Perut Kosong
    Tentu saja mencoba tidur dalam keadaan perut lapar akan membuat Anda sulit memejamkan mata. Bisa jadi Anda malah berkhayal mengenai makanan yang ingin Anda cicipi keesokan pagi, dengan kata lain, konsentrasi jadi penuh pikiran. Baiknya ganjal perut dengan biskuit atau camilan sehat lainnya.

    - Rapel Tidur Panjang Saat Weekend
    Ketika weekdays Anda terbiasa bangun pagi dan tidur larut. Belum lagi aktivitas yang menguras tenaga, sehingga tubuh terasa ekstra lelah. Kemudian pada akhir pekan Anda membayar kelelahan tersebut dengan tidur super lama seharian. Tapi pada akhirnya, pada minggu malam Anda malah kesulitan tidur, sehingga ketika mengawali hari senin, Anda jadi super letih dan tidak mood. Boleh saja bangun lebih siang daripada hari bisa saat weekend, paling lambat bangun jam 9 pagi ya!

    - Menonton TV, plus melirik Sosial Media
    Siapa bilang jika melihar layar terlalu lama, maka akan membuat mata Anda cepat lelah, kemudian tidur. Itu adalah salah besar. Anda malah akan semakin penasaran dengan film atau acara yang sedang disaksikan, apalagi kalau itu adalah serial yang bisa ikuti secara streaming via online. Atau, bila Anda sedang stalking Instagram atau sosial media lainnya, bisa jadi timbul perasaan excited atau, malah stres. Alihkan saja kegiatan sebelum Anda tidur dengan mencatat to do list untuk kegiatan esok, lalu berendam di bath tub, atau meditasi dan latihan pernapasan.

    - Olahraga Terlampau Lelah
    Jujur, personal trainer di pusat kebugaran kerap memforsir tenaga Anda demi mencapai target tubuh impian. Tapi jika Anda terlalu letih dan lelah, ada baiknya Anda mengurangi latihan kardionya. Karena detak jantung yang tinggi, dan adrenalin meningkat justru membuat Anda stay alert cukup lama. Lebih baik pindah jam latihan olahraga di pagi hari, sebelum Anda pergi bekerja atau beraktivitas.

     

    (Erica Arifianda. Foto: Dok. Bazaar)




- RELATED ARTICLE -