• Culture / News

    Ajang Italian Design Day 2018


    Ajang Italian Design Day 2018

    Kali ini berkolaborasi dengan showroom LAFLO, arsitek Cosmas Gozali dan Baskoro Tedjo.


    Kembali untuk kedua kalinya perhelatan Italian Design Day diselenggarakan dalam rangka mempromosikan sistem budaya dan produksi Italia yang bertajuk Vivere ALL’Italiana. Selain desain, sustainability in tourism turut diangkat sebagai topik acara kali ini.

    Kedutaan Besar Italia, Institut Kebudayaan Italia, dan Italian Trade Agency mengajak sejumlah sosok ternama di industri desain untuk menggelar tiga acara utama selama bulan Maret 2018, dengan agenda berikut ini.


    Arsitek Cosmas Gozali membuka acara pada tanggal 1 Maret 2018 dengan karya bertitel Passagio, sebuah instalasi seni yang menghiasi sidewalk showroom LAFLO di Jakarta Selatan sepanjang 24 meter itu. Kreasi tersebut pun tampak gilang-gemilang pada malam hari.

    Kemudian di esok hari, Cosmas bersama duta besar desain dari Italia, Alessandro Luigi Colombo, menjadi pembicara pada seminar yang berjudul “Sustainability in Tourism: Contributing vs. Destroying” dengan kehadiran Baskoro Tedjo sebagai moderator. Dalam kesempatan ini, Cosmas mengekspresikan kiritiknya terhadap dunia pariwisata dari sisi ekonomi serta kerugian yang berdampak pada masyarakat lokal, seperti sampah-sampah berserakan di sekitar area tourist attractions.

    Sejumlah showroom di Jakarta pun ikut serta dalam ajang Italian Design Day dengan memamerkan koleksi unggulannya yang disebut “Made in Italy”. Adapun kompetisi menulis esei bertema Communal Space in a Sustainable City yang dapat Anda ikuti hingga 31 Maret mendatang.



    Foto: Kiki Pakaya (Dok. CASA Indonesia)