• Gourmet: 10 Makanan yang Pantang Disimpan Dalam Kulkas

    Culture / Tips


    Gourmet: 10 Makanan yang Pantang Disimpan Dalam Kulkas

    Tahukah Anda bahwa udara dingin di lemari es dapat memberi efek negatif pada beberapa jenis santapan?


    Tingkat kelembaban yang tinggi pada lemari es dapat merusak kandungan makanan. Berdampak cukup mengejutkan, simak berikut daftar santapan apa saja yang perlu dijauhkan dari temperature dingin. 


    1. Citrus Fruit


    Lemon, limau, jeruk, dan grapefruits paling baik Anda tata diatas meja makan, atau pada keranjang buah dengan ventilasi udara yang baik. Selain rupanya yang menawan, suhu dingin dapat menyebabkan kerusakan, mengganggu proses yang dibutuhkan untuk pematangan dan seringkali bisa mengakibatkan kulit buah berbintik hitam dan rasa yang hambar. 


    2. Roti

    Seringkali Anda menyimpan roti di dalam kulkas demi menjauhkannya dari para semut yang lapar. Namun temperature rendah memicu roti untuk lebih cepat basi, keras, dan bertekstur kering. 


    3. Soy Sauce

    Bumbu ini kaya akan sodium yang sebaiknya disimpan dalam lemari dapur. Garam sanggup mencegah pertumbuhan bakteri dan organisme lainnya yang dapat menyebabkan pembusukan.


    4. Kentang

    Udara dingin menyebabkan pati pada kentang berubah jadi gula dan lalu mengeras. Selain itu, reaksi kimia saat dimasak dapat menimbulkan zat berbahaya. Pada dasarnya, kentang yang baru dipanen masih memutarkan oksigen dan karbon dioksida, sehingga dapat memberi respon terhadap lingkungannya. Ketika terkena sinar matahari secara langsung, kentang akan berubah warna menjadi hijau dan suhu hangat memicunya untuk bertumbuh. Namun temperatur rendah membuatnya jadi ringkih dan layu.


    5. Kopi (Raw)

    Simpan bubuk atau biji kopi dalam wadah kedap udara di tempat sejuk, kering, gelap untuk mempertahankan rasa dan kesegaran optimal karena lemari es dapat menghasilkan kondensasi.


    6. Honey

    Temperature di bawah 50ºF  akan mempercepat tahap kristalisasi, yakni mengubah tampilan warna dan tekstur bahkan sanggup merusak kandungan gizi sang madu.  


    7. Nutella 

    Teksturnya akan lebih spreadable saat berada di ruangan sejuk dan cita rasa yang lebih intens bila tidak berhadapan dengan udara dingin. 


    8. Olive Oil

    Pendinginan dapat menyebabkan minyak zaitun untuk cloudy (tidak jernih) dan mengeras, akan tetapi hal ini tidak akan mempengaruhi kualitas atau rasa. 


    9. Basil

    Anda akan melihat kemangi berubah menjadi warna hitam setelah bermalam di dalam kulkas. Komponennya yang sensitif terhadap etilen, gas yang dihasilkan buah saat mereka matang dan menyebabkan daun sayuran hijau layu, sehingga menyimpannya bersama produk lain membuat kondisinya semakin buruk. Ahli masak Martha Stewart menganjurkan untuk memotong batang basil lalu simpan di dalam toples air untuk waktu ketahanan lebih lama.


    10. Semangka

    Sama seperti melon atau honeydew, semua dipenuhi dengan antioksidan seperti vitamin C, zeaxanthin, lycopene, dan beta-carotene yang menetralkan radikal bebas. Penelitian USDA menemukan bahwa penyimpanan buah-buah tersebut di dalam suhu normal dapat membantu menjaga kandungan antioksidan lebih maksimal. 


    ( Foto: Courtesy of Instagram @wrightkitchen )




- RELATED ARTICLE -