• Fashion / News

    Soe Jakarta Tampil di Perhelatan London Fashion Week


    Soe Jakarta Tampil di Perhelatan London Fashion Week

    Untuk pertama kalinya, label Indonesia sukses menggelar fashion show tunggal di acara Fashion Scout yang menjadi bagian dari LFW 2018.


    Satu lagi label lokal yang berhasil mengepakkan sayapnya ke panggung fashion internasional. Bersama label kecantikan Lakme, Soe Jakarta melenggang ke London dan mempresentasikan koleksi terbarunya di tengah perhelatan London Fashion Week bulan Februari lalu.

    Soe Jakarta menjadi label Indonesia pertama yang menggelar fashion show tunggal pada acara Fashion Scout yang menjadi bagian dari keseluruhan agenda London Fashion Week.

    Mengangkat tajuk The Unexplored Woman, Soe Jakarta mengeksplorasi kekayaan kain Nusantara seperti tenun dan batik, kemudian mengolahnya menjadi koleksi busana siap pakai berdesain modern yang fleksibel untuk dikenakan melintasi masa.

    Direktur kreatif sekaligus desainer dari Soe Jakarta, Monique Soeriaatmadja, membangun koleksi ini dari exhibisi seniman Amerika Serikat, Georgia O'Keeffe, yang telah menginspirasinya. Monique memadukan gaya personal dan karya-karya seni sang seniman lalu mengolahnya menjadi sebuah koleksi utuh--sebuah perpaduan kontras antara warna-warna monokromatis dan palet cerah penuh warna.

    Lewat koleksi ini pula, Soe Jakarta memperkenalkan material tenun denim yang dibuat dari alat tenun manual atau yang dikenal dengan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Ini adalah pertama kalinya tenun yang dihasilkan dari ATBM diperkenalkan di London sebagai salah satu ibukota fashion dunia.


    Benang tenun yang digunakan melewati proses pewarnaan natural dengan menggunakan Kayu Tinggi (atau Indian Mangrove), untuk menghasilkan palet hangat seperti coklat dan khaki yang identik dengan rumah Georgia O'Keeffe di New Mexico.

    Selain tenun, Soe Jakarta juga menggunakan batik cap sebagai material yang ditonjolkan pada koleksi ini. Motif batik cap diambil dari salah satu lukisan Giorgia O'Keeffe yang berjudul Blue Nude, dilukis kembali dengan menggunakan goresan sederhana yang memudahkan para artisan batik cap untuk mengaplikasikannya pada kain.

    Untuk koleksi musim dingin 2018, Soe Jakarta banyak mengedepankan siluet maskulin dan membubuhkan napas feminin lewat permainan detail pada bahan seperti drawstring maupun aksen serut di bagian pinggang. Tampilan bergaya sartorial tampak mendominasi koleksi, tercermin pada vest top asimetris maupun setelan blazer dan celana panjang berpotongan lebar.

    Peragaan busana Soe Jakarta di Fashion Scout ini didukung oleh pulasan makeup dari tim Lakme, dikepalai oleh Archangela Chelsea sebagai makeup director yang populer sebagai celebrity makeup artist.


    Archangela Chelsea mengaplikasikan makeup bertema Red Canna, dengan permainan warna-warna cerah seperti coral blush dan orange candy yang dipoles pada bibir, orange reddish pada bagian mata, dan soft nude pada pipi. Tak ketinggalan ia juga menggunakan dramatic mascara untuk menciptakan kesan bold dan glamor.

    Warna-warna tersebut dipilih sesuai dengan tren makeup yang diusung oleh Lakme untuk musim dingin mendatang. Warna ini tampak selaras dengan koleksi Soe Jakarta yang banyak mengangkat palet monokromatis dan palet earthy yang hangat. Keduanya menawarkan gagasan bahwa Anda tetap dapat tampil cemerlang dalam warna hangat di tengah musim dingin.

    (Foto: courtesy of Soe Jakarta, courtesy of Lakme)