• Bride / Tips

    3 Inspirasi Kecantikan Ala American Wedding


    3 Inspirasi Kecantikan Ala American Wedding

    Jika Anda mendambakan konsep pernikahan khas orang Amerika yang sederhana sekaligus effortless, berikut adalah tip dari ahlinya.


    Mengadopsi riasan pengantin ala Amerika tidaklah mudah untuk diterapkan dalam perhelatan di Indonesia. Sebut saja jika lokasinya outdoor atau di luar ruangan, kendala udara lembap akan menjadi hambatan utama buat mempertahankan sebuah riasan maupun tata rambut.

    Sedangkan untuk acara di dalam ruangan, biasa ada saja tentangan dari pihak lain yang menganggap bahwa riasan telalu soft atau biasa saja. Namun, jika Anda dapat menemukan esensi yang tepat guna menunjang konsep American wedding, kenapa tidak Anda meyakinkan berbagai pihak kalau sebuah ide sederhana pun akan menjadi ultra maksimal. Lalu bagaimana caranya?


    1. Spektrum Sederhana.

    (Etam Spring 2017 dan Paul Costelloe Spring 2017; Foto: Matteo Valle/IMAXTREE.COM dan IMAXTREE.COM)

    Belakangan banyak acara pernikahan digelar di luar ruangan, seperti pesta kebun di area kolam berenang hingga perjamuan di pesisir pantai. Biasanya opsi busana yang digunakan tentu lebih sederhana seperti potongan lurus, A-line bahkan beberapa pengantin mengenakan gaun berpotongan mini.

    Untuk mengimbangi penampilan sederhana tadi, sang mempelai wanita juga disarankan memilih riasan wajah yang sederhana seperti soft natural makeup.

    Seperti tip singkat yang diberikan oleh Lucia Tan, seorang makeup artist dari Cipta Busana Martha Tilaar, bahwa untuk sebuah riasan soft hanya diperlukan fokus pada pemilihan foundation dan permainan eyeshadow.

    "Warna riasan mata yang dipilih antara lain nuansa cokelat, emas, atau palet pastel seperti hijau lime, pink muda dan baby blue," ujar Lucia. Sedangkan untuk pulasan lipstik, ia memberi kebebasan pilihan warna. Boleh saja mengaplikasikan warna terang semisal merah atau oranye, khususnya buat prosesi pada malam hari.

    (Julien Macdonald Spring 2017 dan Mary Katrantzou Spring 2017; Foto: Alessandro Zeno & Matteo Valle/IMAXTREE.COM)

    Kemudian problema kulit berminyak yang kerap menjadi hambatan untuk prosesi acara di luar ruangan, Lucia mempunyai trik tersendiri dengan cara mengompres wajah menggunakan es batu selama tiga menit. Fungsinya agar riasan menempel dan bertahan lama. 

    Saran serupa juga dilontarkan oleh Priscilla Myrna, salah satu makeup artist wedding yang populer di Jakarta, ia menyatakan bahwa riasan untuk American wedding baiknya selain bermain pada preferensi foundation dan riasan mata, ia juga mengandalkan produk waterproof, plus makeup finishing spray sebagai sentuhan akhir.

    (Alberta Ferretti Spring 2017 dan PPQ Spring 2017; Foto:  Matteo Scarpellini & Alessandro Zeno/IMAXTREE.COM)

    Jika sang mempelai hendak mencoba riasan dewy look, Priscilla sebisa mungkin menciptakan kompleksi yang hampir mendekati kata natural melalui penggunaan liquid foundation dengan titel light-medium coverage. Setelah itu bronzer mengambil peran selanjutnya guna menambah pancaran wajah terlihat lebih glowing.


    2. Unheavy Hair.

    (Erdem Spring 2017; Foto: Alessandro Zeno & Matteo Valle/IMAXTREE.COM)

    Ketika problema riasan sudah teratasi, kini persoalan beralih pada tatanan rambut. Menurut Arnold Dominggus, salah satu top hairstylist ibu kota, gaya rambut buat tema American wedding serupa dengan riasannya, yakni gaya natural. Sedapat mungkin jauhi pengaplikasian tatanan berat seperti french twist atau big chignon.

    Lalu tatanan apa saja yang sepadan dengan tema American wedding? Bisa saja bertumpu pada permainan kepang, seperti fish tail braids, atau half updo. Namun yang terpenting, tekstur gelombang hasil pencatokan atau ikal alami sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan tatanan tersebut.

    (Alice + Olivia Spring 2017 dan Emilia Wickstead; Foto: Andrea Adriani &  Matteo Valle/IMAXTREE.COM)

    Ada trik menarik yang pernah dilakukan Arnold ketika mempunyai pelanggan dengan jenis rambut mudah lepek dan helaiannya tipis. “Sudah banyak diketahui bahwa air garam atau salt spray dapat membantu rambut jadi lebih bervolume dan mudah diatur. Kebetulan saat itu acaranya di Bali, saya minta ia untuk berenang di laut, kemudian tidak perlu membilas rambut, dan langsung dikeringkan. Benar saja, tatanan rambutnya bertahan lama hingga seharian,” cerita Arnold.

    Selain itu, Arnold juga mengandalkan half wig guna menyempurnakan tatanan rambut bergaya messy look. Dengan catatan, half wig harus terbuat dari rambut sintetis, “Kalau pakai yang asli, rambut malah mudah lepek dan loose,” tambahnya. Terakhir, untuk hiasan kepala bisa menggunakan bunga segar atau bunga baby's breath, sebagai pengganti tiara.


    3. Siluet Kencang.

    (Bellissimo Pictures/Click Photos/ Shutterstock)

    Lekuk tubuh indah termasuk elemen penting, akan tetapi yang perlu dicapai adalah raga bugar dengan bentuk lebih toned, bukan skinny. Hal ini diperlukan untuk mendukung busana pengantin berkonsep American wedding yang biasanya fokus pada area lengan, pundak serta punggung.

    Lalu olah tubuh apa saja yang menjadi rekomendasi untuk menggapainya? Bisa saja melalui gerakan yoga, pilates atau weight training di pusat kebugaran.

    Sebagai penunjang, menjaga pola makan seperti diet less carbo plus high protein sangat diperlukan. Atau jika Anda tidak ingin terlalu merasa lapar, baiknya hindari hidangan yang digoreng atau deep fried dan lebih banyak mengonsumsi makanan steam atau rebusan. Baiknya lakuka diet ini 12 bulan menjelang hari bahagia, supaya penurunan berat badan Anda lebih stabil dan signifikan.

    Selamat mencoba!


    Artikel ini disadur dari Harper's Bazaar Wedding Ideas edisi kedua tahun 2014)


    (Foto:  Konstantin Chagin/ Click Photos/ Shutterstock)