• Culture / News

    Tiga Akomodasi Untuk Hari Nyepi


    Tiga Akomodasi Untuk Hari Nyepi

    Nikmati waktu spesial satu kali dalam setahun hanya di Pulau Dewata.


    Hari Raya Nyepi yang merupakan hari raya bagi pemeluk agama Hindu adalah momen yang spesial sekaligus unik. Sepanjang hari raya tersebut, Pulau Bali yang dihuni oleh mayoritas pemeluk agama Hindu menjadi kota yang mati dan sepi. Tidak ada aktivitas luar ruangan dan di malam hari tidak ada lampu yang menyala.

    Para warga sibuk bermeditasi di rumah, tanpa menyalakan lampu, tidak melakukan aktivitas ruangan. Menciptakan atmosfer yang langka dan hanya terjadi sekali dalam setahun.

    Tahun ini dirayakan pada tanggal 28 Maret, Anda bisa ikut merayakan Nyepi sekaligus melepaskan diri dari hiruk pikuk kesibukan sehari-hari secara utuh. Terbatasnya aktivitas yang dapat Anda lakukan akan memaksa Anda beristirahat dan menikmati waktu di kamar.

    Karena itu Bazaar memberikan tiga rekomendasi akomodasi yang bisa dijadikan pilihan tempat untuk menikmati Hari Nyepi.

    Rumah Luwih, Gianyar

    Terletak di tepi pantai, Rumah Luwih menawarkan hospitality yang berbalut desain yang terinspirasi dari Istana Air Taman Ujung yang terletak di Karangasem. Dengan dasar desain khas kolonial, Anda bisa tetap menemukan sentuhan hunian Tiongkok dan Indonesia, yang membuat boutique hotel ini terasa begitu namun layaknya rumah dan  cocok untuk menjadi pilihan akomodasi Anda di waktu Nyepi.


    Rumah Luwih memiliki tiga pilihan kamar yakni Arnawakanta Room, Prabanggana Room, dan Giri Suite yang dirancang oleh asitek Hadiprana. Tiap kamar memiliki pemandangan laut atau sawah, sehingga Anda bisa tetap menikmati lanskap alam Bali meskipun tak bisa beraktivitas keluar ruangan.


    Selama berada di area resort pada waktu Nyepi, Anda bisa menikmati fasilitas spa dari Vandalokha Spa serta opsi dining yang ditawarkan oleh Andrawina Restaurant yang siap menghidangkan pilihan menu lokal dan internasional.


    Karma Kandara, Uluwatu

    Menikmati waktu bersantai di resort yang terletak di area tebing kawasan Uluwatu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menikmati Nyepi yang sunyi. Khusus di Hari Nyepi ini, Karma Kandara menyiapkan dua pilihan paket, mulai dari Half-Board atau Full-Board yang termasuk akomodasi private villa dengan kolam renang pribadi, yang bisa memberikan Anda privasi penuh selama Nyepi.


    Untuk pilihan kuliner, Anda bisa mencoba Di Mare Restaurant yang menyajikan hidangan dengan bahan baku segar dan rasa eksotis, ditemani pemandangan ke area laut lepas.


    Di malam hari saat Hari Nyepi, cobalah untuk keluar menikmati langit pada pukul 2 atau 3 pagi, niscaya Anda akan menemukan hamparan bintang yang sulit untuk Anda temukan di tempat lain, plus ditemani dengan suara deburan ombak yang akan membuat pengalaman stargazing Anda semakin tak terlupakan. 


    Alila Manggis, Karangasem

    Untuk pengalaman Bali di kala Nyepi yang jauh lebih istimewa, Anda bisa mengunjungi Alila Manggis di kawasan Bali bagian Timur. Jika Anda sempat berkunjung beberapa hari sebelum Nyepi, Anda bisa mengunjungi Desa Adat Tenganan dan menyaksikan kehidupan masyarakat adat yang masih memegang teguh kebudayaan leluhurnya. 


    Sementara itu menikmati Nyepi di Alila Manggis berarti Anda bisa menikmati akomodasi resort tepi pantai yang akan memberikan Anda kesempatan untuk benar-benar menikmati kesunyian di hari Nyepi dengan fasilitas premium dan layanan hospitality yang tak perlu dipertanyakan lagi. 


    Aktivitas menarik lain yang ditawarkan oleh resort ini adalah kesempatan untuk menyaksikan pawai ogoh-ogoh yang akan diselenggarakan di Kota Amlapura, satu hari sebelum Nyepi. 


    (Foto: Courtesy of Rumah Luwih; Courtesy of Karma Kandura; Courtesy of Alila Manggis)






- RELATED ARTICLE -