• Beauty / Tips

    8 Cara Mengatasi Rambut Frizzy


    8 Cara Mengatasi Rambut Frizzy

    Anda memiliki jenis rambut kaku dan sulit diatur alias frizz hair? Bazaar UK menjabarkan beberapa langkah dalam merawatnya


    Anda memiliki jenis rambut kaku dan sulit diatur alias frizz hair? Bazaar UK menjabarkan beberapa langkah dalam merawatnya, sehingga rambut Anda jadi lebih halus dan mudah ditata.


    Rambut frizzy dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya tingkat kelembapan yang menjadikan tiap batangnya berubah bentuk dan terlihat seolah 'memuai'. Atau karena suhu dingin dan kering seperti AC, yang membuat rambut jadi statis dan tampak berantakan. Banyak cara dalam mengontrol rambut frizzy, salah satu yang paling penting adalah hidrasi, dan beberapa teknik berikut ini:

     

    1. Kembalikan Kelembapan Seimbang.

    Tambahkan ritual pra sampo selama seminggu, untuk memperbaiki batang rambut yang mulai rusak. Bazaar merekomendasikan koleksi Kérastase Nutritive, namun regimen bertajuk hair oil yang sederhana juga boleh dicoba. Pertama bubuhkan produk tersebut pada batang rambut saja, sembari dilakukan pemijatan yang dimulai dari tengah hingga ujungnya. Diamkan selama 20 menit lalu dibilas, tetapi bila Anda ingin lebih lama jangan sampai lebih dari satu jam.


    2. Teknik Merawat Rambut

    Terlalu sering mencuci rambut dapat menyebabkan rambut kehilangan minyak alami di dalamnya, yang biasa berfungsi sebagai pemberi kelembapan dan hidrasi. Ada baiknya Anda cukup keramas dua hingga tiga kali dalam seminggu, belum lagi cara keramas yang benar juga perlu Anda perhatikan. "Gunakan jari tangan untuk melakukan pijatan pada kulit kepala saat Anda keramas menggunakan sampo, biarkan area tengah rambut sampai ujungnya kering dan bebas dari busa sampo," ujar Ken Paves sebagai salah satu penata rambut kelas dunia. "Nantinya sampo dan air akan luruh dengan sendirinya menuju bawah untuk membersihkan sisa kotoran serta residu yang menempel, tanpa takut mengurangi faktor hidrasi di batang rambut," tambah Ken lagi.


    3. Ganti Sementara Kondisioner Anda

    Langkah paling mudah untuk rehidrasi batang rambut Anda adalah dengan menukar pemakaian kondisioner menjadi masker yang memiliki kandungan lebih aktif. Gunakan sesaat sebelum Anda mandi, diamkan sampai urusan mandi Anda selesai, kemudian setelah itu bilas hingga bersih. Untuk hasil lembut lebih natural pilih Rahua Omega 9 Hair Mask, sedangkan jika menginginkan efek selembut sutra Kérastase Elixir Ultime Beautifying Oil-Enriched Masked dapat diandalkan.


    4. Kering Natural vs Blow Dry

    Memang terdengar aneh, tapi nyatanya mengeringkan rambut menggunakan hairdryer lebih dapat mencegah rambut frizz. Justru mengeringkan natural dengan udara saja dapat membuat kelembapan meresap ke dalam batang rambut, sedangkan blow dry malah menutup dan melembutkan kutikel rambut. Tentu saja heat protection spray menjadi kunci utama dalam mencegah kerusakan akibat temperatur panas.


    5. Perawatan Sebelum Tidur

    Membungkus rambut menggunakan scarf berbahan sutra menjadi ritual kecantikan yang dilakukan oleh Bette Davis dan Marilyn Monroe, kegiatan tersebut dapat membuat batang rambut ikal jadi lebih lembut dan nampak mengilat. Selain itu juga mampu mencegah gesekan dan efek statis, sebagai penyebab frizz hair. Jika Anda tidak punya waktu sebelum tidur, solusi lainnya adalah mengganti sarung bantal Anda dengan bahan sutra.


    6. Perawatan Berbasis Minyak

    Hair oil sebagai generasi baru perawatan rambut memang dibutuhkan karena kemampuannya dalam menghasilkan rambut berakhir ringan. Selain mencegah frizzy hair, hair oil juga sempurna untuk memberi penetrasi hingga ke folikel rambut supaya teksturnya lembut dan terhidrasi. Ditambah lagi konsepnya yang versatile menjadikan hair oil multifungsi, yakni dapat digunakan sebelum memakai sampo, diaplikasikan pada rambut lembap setelah keramas, atau untuk rambut kering sebagai produk penata rambut.


    7. Produk Rambut Wajib Punya

    Gunakan sisir berjenis bristle atau sisir sikat yang sangat direkomendasi bagi pemilik rambut frizz. Tak hanya mampu mengontrol batangnya, namun sikatnya bisa berfungsi sebagai pemijat kulit kepala Anda.


    8. Aksi Darurat

    Apabila seluruh langkah di atas tidak sempat dilakukan, lebih baik Anda segera berkunjung ke salon favorit untuk mendapat perawatan anti-frizz disertai penataan menggunakan blow dry. Saran Bazaar, pilihlah perawatan rambut yang menawarkan pemeliharaan menggunakan kandungan protein dan keratin supaya hasilnya jadi lebih lembut serta halus.


    (Victoria untuk Harper's Bazaar UK; Alih Bahasa: Erica Arifianda; Foto: IMAXTREE.COM)




- RELATED ARTICLE -