• Culture / News

    Destinasi Seni Di Luar Jakarta


    Destinasi Seni Di Luar Jakarta


    Menemukan seni terbaik di Indonesia tak harus di Jakarta. Berbagai ruang seni hadir di luar ibu kota dengan menyimpan potensi seni kontemporer terbaik, sekaligus menjadi pilihan destinasi wisata budaya Anda.

    Bandung

    • Lokasinya Bandung yang tak terlalu jauh dari Jakarta, membuatnya menjadi destinasi short getaway favorit warga ibu kota. Salah satu artspace yang tengah naik daun adalah LawangWangi Creative Space yang terletak di kawasan Dago. Di hampir setiap sudut ruangan, Anda bisa menemukan karya seni atau instalasi yang bisa dinikmati selama menunggu pesanan makanan Anda tiba. Pesona lainnya adalah lokasi LawangWangi yang berada di perbukitan membuatnya memiliki pemandangan yang fantastis.
    • Galeri seni lainnya di Bandung adalah Selasar Sunaryo. Galeri ini telah ada sejak tahun 1998 dan hingga saat ini terus konsisten menghadirkan karya-karya seni terbaik. Selasar Sunaryo memiliki fasilitas yang sangat lengkap selain ruang galeri, yakni perpustakaan, kafe, dan amfiteater yang digunakan untuk pertunjukan seni.

    Bali

    • Salah satu oase seni di Pulau Dewata adalah Biasa ArtSpace yang menjadi wadah bagi para seniman tanah air untuk berinteraksi dengan pecinta karya-karya mereka. Artspace yang terletak di kawasan Seminyak, bersatu dengan store Biasa ini juga rutin menyelenggarakan pameran kolektif dari seniman Indonesia seperti FX Harsono, Heri Dono, Eko Nugroho, Ugo Untoro, Putu Sutawijaya dan masih banyak lagi.


    Yogyakarta

    • Sangkring ArtSpace didirikan oleh seniman asal Bali, Putu Sutawijaya. Nama Sangkring diambil dari nama leluhur sang seniman dengan membawa filosofi bahwa tempat ini harus bisa merangkul masa lalu  dan masa depan. Di Sangkring ArtSpace seniman muda dan senior diajak untuk berdampingan memamerkan karya mereka terlepas dari perbedaan ideologi, medium, atau asal budaya.
    • Berdiri sejak tahun 1988, Rumah Seni Cemeti telah menjadi salah satu pusat seni dengan beragam peran yakni, ruang pamer, pusat informasi, dokumentasi, pendidikan, serta promosi bagi seni Indonesia maupun mancanegara. Selain rutin menyelenggarakan pameran atau aktivitas seni, Rumah Seni Cemeti juga memiliki program unik yakni residensi bagi para seniman Indonesia maupun asing yang ingin tinggal dan belajar mengenai seni di tempat ini selama tiga bulan.

    (Daniar Cikita. Foto: Courtesy of LawangWangi Creative Space; Courtesy of Selasar Sunaryo; Courtesy of Biasa ArtSpace; Courtesy of Sangkring ArtSpace; Courtesy of Rumah Seni Cemeti)