• Fashion / News

    Invasi Korea di Dunia Fashion


    Invasi Korea di Dunia Fashion


    Invasi Korea bukan hanya mempengaruhi industri musik dan teknologi, namun pengaruhnya juga berimbas pada dunia fashion. Banyak desainer maupun label high-end berbondong-bondong memberikan endorsement atau mensponsori grup musik asal Korea yang ternama, baik boyband maupun girlband. Berikut adalah lima selebriti dari sekian banyak yang sukses diberikan endorsement oleh label fashion dunia dan menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan fashionista.

    G-Dragon dan Mugler
    G-Dragon merupakan leader dari boyband Big Bang yang terkenal dekat dengan stylist Lady Gaga, Nicola Formicheti. Kedekatan G-Dragon dengan Nicola membawa penyanyi sekaligus songwriter berbakat ini bekolaborasi dengan brand Mugler, rumah mode tempat Nicola menjadi creative director brand tersebut. G-Dragon menciptakan sebuah lagu yang dipersembahkan khusus untuk fashion show Mugler untuk koleksi menswear musim Fall/Winter 2013.

    2ne1 dan Balmain
    Kehadiran 2ne1 pada industri musik korea membawa perubahan yang cukup berarti baik dari segi musik maupun penampilan. Girlband yang terdiri dari empat wanita bernama CL, Sandra Park, Park Boom, dan Minzy ini berhasil meyakinkan Will.I.Am untuk memproduseri salah satu single internasional mereka. Pada beberapa video clip dan acara, personil 2ne1 terlihat menggunakan busana dari label asal Paris, Balmain.

    Big Bang dan Givenchy
    Banyak pencinta K-Pop yang telah mengenal Big Bang sebagai salah satu boyband Korea paling sukses di seluruh dunia. Keberhasilan G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Daesung dan Seungri merajai dunia internasional terlihat saat mereka berhasil meraih penghargaan The Best Asian Artist from MTV Europe Award tahun 2012 lalu. Catatan menarik bahwasanya semua personil Big Bang sering menggunakan hasil karya Riccardo Tisci untuk Givenchy pada saat konser mereka. Bukan sebatas konser, foto resmi mereka menggunakan produk-produk label asal Paris tersebut beredar di dunia maya dengan Terry Richardson sebagai fotografernya.

    Girls Generation dan Burberry
    Wajah cantik, tubuh indah dan lagu yang catchy menjadi nilai lebih bagi girlband yang beranggotakan sembilan orang ini. Burberry menangkap bahwa Girls Generation bisa menjadi icon Burberry untuk pasar Asia. Pada single Girls Generation yang berjudul I Got A Boy semua personil Girls Generation menggunakan coat Burberry metalik yang menjadi tren pada koleksi Spring/Summer 2013. Selain itu, tiga personil Girls Generation, Tiffany, Yoona dan Seohyun, kerap diundang secara khusus di barisan depan show Burberry di London.

    Shinee dan Jeremy Scott
    Salah satu boyband korea yang terkenal dengan gayanya yang mengikuti zaman adalah Shinee. Para personilnya mempunyai selera fashion yang sering menjadi perbincangan, baik itu di atas panggung maupun kehidupan sehari-hari. Namun jika ditanya brand yang paling sering digunakan oleh boyband ini jawabannya adalah Jeremy Scott. Desainer yang sering membuat kostum untuk Katy Perry ini terkenal dengan rancangan yang berani dan ceria. Jeremy bahkan pernah mengisi halaman sampul majalah Korea bersama para personil Shinee.

    Fenomena ini membuka mata bahwa dunia fashion merupakan industri yang dinamis. Kepekaan label maupun desainer dalam mensponsori selebriti yang sedang menjadi sorotan dunia adalah salah satu strategi pintar untuk memberikan exposure lebih luas. Apalagi karena popularitas para penyanyi asal Korea ini telah mendunia dan memiliki penggemar fanatik yang cukup besar dan terlihat setiap konser mereka yang hampir selalu sold-out. Hingga kini, invasi Korea pada dunia fashion masih berjalan bahkan makin santer terlihat. Namun akankah tren Korea akan bertahan lama? Tentu industri fashion akan beradaptasi dengan cepat mengikuti zaman. Semua kembali lagi pada pilihan Anda untuk memilih gaya berpakaian Anda.

    (Gheofanny Tambunan, Photo Credit: Miesia Lin dan Dok. Bazaar)




- RELATED ARTICLE -



- MORE STORIES -