• 4 Hal Yang Ibu Anda Turunkan Kepada Anda

    Culture / News


    4 Hal Yang Ibu Anda Turunkan Kepada Anda

    Dari penampilan hingga tingkah laku.


    Sebuah istilah bahwa setiap wanita akan menjadi seperti ibunya kini terbukti. Ilmu sains menyatakan bahwa ibu Anda berperan langsung pada setiap hal yang membentuk Anda, dari tingkat kecerdasan hingga tingkah laku Anda dalam sebuah hubungan romantis.

    Sementara genetik adalah sebuah hal yang sangat rumit, banyak penelitian membuktikan bahwa kita mewarisi sejumlah karakteristik dan kualitas spesifik dari ibu kita, baik itu secara alami, diajarkan, atau gabungan keduanya.

    Jadi, baik Anda terlihat sangat mirip dengan ibu Anda atau terlihat sangat berbeda, sains memberikan empat hal yang Anda warisi dari sang ibu.

    1. Kecerdasan

    Sepertinya potensi otak Anda diwariskan oleh sang ibu, dan bukan ayah. Sebuah studi oleh Medical Research Council Social dan Public Health Sciences Unit di Glasgow meneliti 12.000 orang muda berumur antara 14-22 tahun untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan mereka, termasuk status sosial-ekonomi dan edukasi.

    Dan, hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar kecerdasan berasal dari IQ ibu mereka. Bahkan, tingkat IQ para partisipan rata-rata hanya berbeda 15 poin dari IQ ibu mereka.


    2. Pola tidur

    Jika Anda mengalami kesulitan tidur, Anda mungkin dapat menyalahkan ibu Anda. Sebuah riset yang diterbitkan oleh Sleep Medicine tahun lalu menyebutkan bahwa para ibu meneruskan kebiasaan tidur mereka kepada anak-anak mereka, dan para anak dari ibu yang mengalami insomnia akan tidur lebih telat dan mendapatkan istirahat yang lebih sedikit.

    Dan yang lebih menarik, para ilmuwan tidak menemukan hubungan yang sama dengan para ayah. 

    Baca juga: Tidur Ternyata Bisa Membuat Wanita Lebih Cerdas


    3. Kecepatan Anda menua

    Apakah ibu Anda memiliki kompleksi yang terlihat muda? Anda sangat beruntung karena gen ibu kita dapat mempengaruhi proses penuaan kita.

    Para ilmuwan dari Max Planck Institute for Biology of Ageing di Jerman menemukan bahwa DNA dari mitokondria (yang kita warisi secara eksklusif dari ibu), merupakan salah satu unsur yang mengendalikan tingkat penuaan.

    Namun sampai saat ini, tes langsung terhadap manusia belum dilakukan. Seorang peneliti, Nils-Göran Larsson mengatakan: "Kami menggunakan sebuah kondisi eksperimental untuk mendapatkan hasil tersebut, dan kami merasa hasil itu dapat dihubungkan dengan manusia, namun hasil ini juga akan dibuktikan lewat penelitian terhadap manusia."

    Baca juga: 7 Minuman Anti Aging


    4. Masa menopause

    Usia saat Anda memasuki menopause kemungkinan besar akan mirip dengan ibu Anda. Sebuah hasil studi oleh Institute of Cancer Research di Inggris yang meneliti lebih dari 2.000 wanita, menemukan bahwa menopause awal dan terlambat (sebelum usia 45 tahun atau sesudah 55 tahun) adalah suatu hal yang diturunkan di sebuah keluarga.

    Wanita yang ibu dan saudarinya mengalami menopause awal atau terlambat ditemukan akan mengalami hal yang sama. 

    Namun, genetik hanyalah salah satu faktor, dan faktor gaya hidup juga memainkan peranan dalam menentukan waktu ini. Seperti misalnya, para wanita yang merokok biasanya akan mengalami menopause satu hingga dua tahun lebih awal, menurut Danielle Morris kepada Reuters.

    Baca juga: Kenali Gejala Menopause Dini


    (Artikel disadur dari Harper's Bazaar US. Alih bahasa: Stella Mailoa. Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)




- RELATED ARTICLE -