• People / News

    Gigi Hadid Menjelaskan Tentang Perubahan Berat Badannya


    Gigi Hadid Menjelaskan Tentang Perubahan Berat Badannya

    Model cantik ini bercerita tentang pengalamannya dengan penyakit Hashimoto.


    Akhir-akhir ini Gigi Hadid menghadapi kritik tentang berat badannya dan ia pun akhirnya merespon dengan sejumlah tweet di awal minggu ini. Sang model yang mengidap sebuah penyakit tiroid bernama Hashimoto, menjelaskan bahwa perubahan yang terjadi pada tubuhnya adalah akibat dari penyakit tersebut.

    "Untuk mereka yang sangat ingin mengetahui mengapa bentuk tubuh saya berubah, kamu mungkin tidak tahu bahwa keteika saya berusia 17 tahun, saya belum didiagnosa dengan penyakit Hashimoto; bagi Anda yang berkata bahwa saya 'terlalu besar untuk industri ini', Anda melihat pembengkakan dan timbunan air karena penyakit ini," jelasnya di tweet pertama.


    Penyakit Hashimoto adalah kelainan di mana sistem imun tubuh menyerang tiroid, mengakibatkan pembengkakan kronis. Seiring berjalannya waktu, kelainan ini mengakibatkan tiroid gagal memproduksi hormon dan lama-kelamaan kelenjar tiroid pun akhirnya menjadi kurang aktif.

    Tidak ada tanda-tanda spesifik yang unik untuk penyakit ini, namun ada beberapa tanda seperti pembengkakan di bagian depan tenggorokan, muka bengkak, dan kenaikan berat badan yang tiba-tiba.

    "Dalam beberapa tahun terakhir saya menjalani pengobatan untuk mengatasi gejala penyakit ini, termasuk kecapekan ekstrem, masalah metabolisme, kemampuan tubuh untuk menahan panas, dan lainnya," lanjut Gigi. "Saya juga menjadi bagian dari pengobatan holistik pencobaan yang membantu menyeimbangkan kadar tiroid saya."

    Model berusia 22 tahun ini pun menambahkan, "Meski stres dan perjalanan dapat mempengaruhi tubuh, saya tetap makan hal yang sama, hanya tubuh saya menghadapainya dengan berbeda karena kini keadaan saya telah lebih sehat. Saya mungkin terlihat terlalu 'kurus' menurut anggapan Anda, namun sejujurnya saya tidak ingin sekurus ini. Tapi saya merasa lebih sehat di bagian dalam tubuh dan masih terus belajar dan bertumbuh dengan tubuh saya setiap hari, sama seperti orang lain."

    Gigi mengakhiri dengan pernyataan bahwa ia tidak akan lagi "menjelaskan penampilan tubuh saya" kepada para kritik dan menjelaskan bahwa "drugs are not my thing."



    Dan ia pun mengajak para pengguna media sosial untuk "belajar memiliki empati untuk orang lain."




    Sebelumnya di bulan Desember 2016, Gigi pernah menceritakan tentang diagonasnya ini. "Metabolisme saya berubah-ubah terus tahun ini. Saya mengidap penyakit Hashimoto. Ini adalah penyakit tiroid, dan saya telah berobat selama dua tahun," jelasnya saat itu.

    Akibat perubahan tubuhnya itu, Gigi justru lebih fokus untuk membangun otot daripada mengurangi berat badan untuk latihan Victoria's Secret Fashion Show 2016. "Saya hanya ingin memiliki otot di tempat yang tepat," katanya, "Dan jika bokong saya terlihat lebih penuh, then that's good."


    (Artikel disadur dari Harper's Bazaar US. Alih bahasa: Stella Mailoa. Foto: Courtesy of Harper's Bazaar US)







    Tags : gigi hadid