• Beauty / Tips

    Tips Merawat Wajah Saat di Atas Pesawat


    Tips Merawat Wajah Saat di Atas Pesawat

    Instruksi dari ahli dermatologi agar tetap tampil prima sesaat setelah mendarat.


    Tahukah bahwa kondisi dalam pesawat terbang ternyata punya efek yang buruk bagi kulit Anda?

    Menurut dr. Bruce E. Katz, M.D yang berbicara untuk Harper's Bazaar Australia, menyatakan bahwa lingkungan yang penuh tekanan di dalam pesawat, nyatanya sangat tidak alami sehingga mampu menghisap kelembapan dari kulit kita. Alhasil kulit menjadi kekurangan cairan dan tampak kusam.

    Belum lagi faktor kecemasan saat terbang dapat menyebabkan meningkatnya hormon stres sehingga kulit menjadi kemerahan, timbulnya inflamasi, jerawat, alergi pada mata, hingga resiko lain yang dibawa bakteri dalam pesawat kemudian berujung membahayakan kesehatan kulit Anda. 

    "Pada dasarnya, kondisi dalam pesawat sama dengan berada di gurun dengan suhu 35 derajat," ujar dr. Howard Sobel, seorang ahli dermatologi sekaligus pemilik Klinik DDF Skincare.

    Berikut adalah tip untuk menjaga kulit Anda sebelum, saat, dan setelah penerbangan:

    1. Aplikasikan masker untuk melembapkan wajah di malam sebelum penerbangan. "Pilih masker yang berbahan dasar olive oil, madu, aloe vera atau minyak jojoba, karena bahan-bahan ini bisa memberikan kelembapan ekstra pada wajah Anda," jelas Bruce.

    2. Jangan gunakan makeup secara berlebihan. Biasakan untuk terbang dalam keadaan wajah bebas riasan, terlebih jika Anda menempuh jarak terbang yang lebih dari tujuh jam perjalanan. Hal ini demi menghindari penyumbatan minyak dan sel kulit mati sebagai penyebab timbulnya jerawat. Biasakan untuk menggunakan hydrating mist setiap jam.

    3. Jangan melewatkan penggunaan SPF. "Anda terekspos pada sinar UV melalui jendela pesawat, jadi gunakan pelembap wajah dengan kandungan SPF," jelas Bruce.

    4. Gunakan pakaian berbahan 100% katun. "Untuk mencegah ruam timbul di kulit Anda, gunakan pakaian yang berpotongan loose atau berbahan katun. Lebih baik menghindari pakaian dari rayon atau nilon."

    5. Banyak konsumsi air. Ketersediaan complimentary alkohol dan free coffee memang menggoda selama di pesawat, namun akan lebih baik jika Anda menolaknya. "Apabila Anda ingin mengonsumsi minuman lain selain air, green tea merupakan pilihan paling tepat, karena mengandung vitamin C sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas," ujar Bruce. 

    6. Selalu jaga kelembapan hidung Anda. Jika hidung Anda kering, akan lebih mudah bagi Anda untuk jatuh sakit. Tip dari dr. Bruce adalah untuk menjaga kelembapan dalam hidung dengan menggunakan Vaseline atau antibiotic ointment.

    7. Seusai terbang lakukan perawatan kulit sederhana. "Saat mendarat, Anda bisa menggunakan glycolic wash atau disposable pads untuk membersihkan kulit wajah dari polutan, lalu aplikasikan kembali krim pelembap dengan hyaluronic acid guna mempertahankan kelembapan wajah," tambah dr. Howard.

     

    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Dok. Bazaar)

     




- RELATED ARTICLE -