Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Lansiran Kolaborasi Terbaru Richard Mille dan Jean Todt

Berangkat dari eratnya 50 tahun persahabatan lintas bidang menuju kolaborasi memesona

Lansiran Kolaborasi Terbaru Richard Mille dan Jean Todt

Bermula dari minat dan kegemaran yang sama akan pembuatan arloji, segala hal tentang teknis, dan dunia otomotif, terbentuklah persahabatan erat antara Jean Todt dan Richard Mille.

Berdasarkan fakta tersebut, kedua lelaki dengan reputasi tinggi di bidang masing-masing (Jean di bidang otomotif, dan Richard tentu saja di bidang arloji) ini pun memutuskan untuk menandai hari jadi persahabatan mereka dengan melansir koleksi kolaborasi yang diberi nama Jean Todt 50th Anniversary.

Sebagai bentuk apresiasi satu sama lain, koleksi spesial ini digarap dengan atensi sedemikian rupa pada detail dalam palet biru dan putih yang juga merupakan warna favorit Jean. Koleksi yang dilansir bertepatan dengan perayaan Chantilly Art & Elegance 2016 bulan September lalu ini terdiri dari tiga artikel, masing-masing diberi nama RM 11-03, RM 050, dan RM 056. 

RM 11-03 Flyback Chronograph merupakan jam bertema sporty yang terinspirasi dari komponen yang ada di dalam mobil dan sejarahnya. Arloji yang dilindungi oleh case Quartz TPTTM berpalet biru ini juga ditenagai oleh mesin otomatis yang digarap di atas titanium tingkat lima sebagai arsitektur komponen didalamnya. Bobot ringan yang dimiliki oleh arloji ini didapatkan lewat susunan 600 tumpukan silica setebal 45 micron yang kemudian melalui proses finishing menggunakan resin biru eksklusif dari Richard Mille. 




Quartz TPTTM berpalet biru juga digunakan sebagai komponen case RM 050 Jean Todt 50th Anniversary untuk melindungi kronograf split-seconds yang diatur oleh tourbillon. Kronologi pembuaran dari baseplate dan bridges yang dipadu dengan penggunaan titanium dan karbon nanofiber adalah alasan di balik ringannya arloji dengan bobot 9.5 gram tersebut. 




Digarap dengan mekanisme serupa, artikel terakhir dari koleksi ini, RM 056 digarap dengan case dengan elemen safir untuk menguatkan estetika yang ingin ditunjukan. Konstruksi dan lengkungan yang terdapat pada artikel ini diraih oleh pembuatan dengan waktu yang sangat lama untuk mencapai hasil ergonomis dengan presisi tinggi pada setiap jengkalnya. 



Ketiga arloji yang melalui proses pemanasan di suhu 120 derajat Celcius sebelum dibawa ke pabrik ini hanya tersedia dalam jumlah terbatas yaitu 150 untuk RM 11-03, 5 untuk RM 050, dan 3 untuk RM 056. 


(Foto: Courtesy of Richard Mille)