Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Fakta Menarik Seputar Helmut Lang

Label yang sempat begitu populer dengan suit hitam-putih dan denim ini punya kisah menarik untuk diikuti.

7 Fakta Menarik Seputar Helmut Lang
Helmut Lang

Tak banyak yang mengenal sosok desainer di balik label prestisius Helmut Lang, melihat kenyataan bahwa pendiri label tersebut memang sudah tidak berperan secara utuh pada labelnya hingga kini.

Helmut Lang, pria asal Austria tersebut ternyata sudah berkecimpung di dunia fashion sejak usia muda. Simak fakta menarik yang dirangkum Bazaar tentang desainer kawakan berikut ini.

1. Label Helmut Lang didirikan pertama kali tahun 1986. Namun, Helmut sudah memiliki fashion studio pada tahun 1977 dan membuka butik dua tahun setelahnya di Vienna, Austria di usia yang baru menginjak 23 tahun.

2. Sejak awal berdirinya, label Helmut Lang dikenal luas akan rancangan setelan hitam-putih juga denim-nya yang begitu populer.

3. Ia tidak pernah ingin menjadi pusat perhatian bahkan sekadar muncul di sebuah perhelatan. Helmut pernah berencana untuk tidak menghadiri acara pembukaan butiknya di Hanover.

4. Minimalis adalah kata kunci yang selalu ia terapkan di setiap rancangannya. Tiap baju dibentuk dengan potongan tegas yang khas di era '80-an hingga '90-an silam.

Oleh karena itu, tak jarang rancangannya dibandingkan dengan desainer lain semisal Rei Kawakubo dan Junya Watanabe.

5. Helmut Lang hijrah ke New York di tahun 1997 dan membuka butiknya di shopping arcade ternama, SoHo.

Kampanye labelnya pun wara-wiri di sepanjang jalan kota Big Apple tersebut lantaran placement pada bagian atas taksi disana.


6. Bukan Helmut Lang bila tidak menciptakan sebuah sensasi. Di tahun 1998, Ia menjadi desainer pertama yang mempublikasikan fashion show-nya lewat media online, press release pun diberikan dalam bentuk CD-Rom.


7. Semenjak Prada mengambil alih saham Helmut Lang, ia pun akhirnya mundur dari label yang sudah ia bangun sejak lama di tahun 2005 lalu dan memutuskan untuk pensiun dari dunia fashion.


(Foto: courtesy of highsnobiety.com)